Memahami Makna di Balik Musibah

  Rustam Efendi      
KBA Tabek, Talang Babungo, Solok Sumatera Barat
Gerbang Jorong Tabek, Talang Babungo

Terkadang musibah menjadikan seseorang terpuruk dan tak mau bangkit. Bahkan musibah dapat menyebabkan hilangnya semangat seseorang dalam menjalani dan menatap kehidupan di masa depan, padahal kehidupan ini, apapun  yang terjadi akan terus dan terus berjalan hingga ajal datang menjemput setiap insan “.

Musibah adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun di dunia ini. Namun, apalah daya bak  kata pepatah “ Malang tak bisa ditolak, mujur tak bisa diraih”. Jika musibah itu datang, siapapun kita. Betapa pun tinggi jabatan dan kedudukan kita di atas dunia ini, tak akan ada artinya dan tidak mampu menahan kehendak Tuhan yang Maha Kuasa. Musibah datang tak pernah berjadwal, musibah datang tak pernah diduga dan bisa saja terjadi kapan dan di mana pun kita berada.

Itulah yang terjadi dengan kampung yang satu ini, suasana kampung yang masih asri, indah dan suasana yang nyaman. Kampung yang dikenal dengan nama Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Keramah tamahan penduduknya dan keelokan negeri sekitarnya, membuat setiap insan yang hadir ke sini, menjadi betah berlama-lama. Namun, siapa sangka musibah itu terjadi tanpa diharapkan dan dibayangkan sebelumnya.

Musibah yang bernama “ Kebakaran “ di tahun 2015 yang lalu, mengakibatkan hangusnya puluhan rumah dan puluhan juta rupiah kerugian diderita penduduknya, membuat mereka sedikit terpukul. Meskipun demikian penduduk Jorong Tabek, tidak ingin berlama-lama larut dalam kesedihan ini, berbagai upaya mereka lakukan untuk bangkit, bantuan dari pemerintah daerah dan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia pun datang untuk memberikan keringanan kepada penduduk Jorong Tabek.

Beruntung lagi ditambah dengan kehadiran program dari PT Astra International, ya...program yang akrab di telinga masyarakat Indonesia yang diberi nama KBA ( Kampung Berseri Astra ). Di akhir 2015 menjadikan masyarakat Jorong Tabek mengerti akan makna dibalik musibah yang terjadi di daerah mereka. Bahwa dibalik kesabaran dan keikhlasan mereka menerima musibah kebakaran besar yang terjadi itu, ada hikmah dibalik semua itu. 

Bagi mereka yang sabar dalam menghadapi musibah, Tuhan ganti dengan yang lebih baik. Dibandingkan mereka yang terus mengeluh dan meratapi kejadian yang telah terjadi, akan lebih bermakna jika kita mampu mempelajari dan meresapi hikmah dibalik semua itu.

Keberuntungan itu mulai tampak dengan adanya program 4 pilar dari Kampung Berseri Astra, yaitu bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan. Semua program itu berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal dan berprestasi nasional di Jorong Tabek ini.

KBA Tabek, Talang Babungo, Solok Sumatera Barat
Talang Babungo Mendapat Sentuhan Astra Group by : http://www.talangbabungo.com/

Pulang kampung demi Kemajuan Jorong ( Desa )

Pak Kasri, yang merupakan koordiantor KBA di Jorong Tabek. Merupakan perantau dari negeri jiran Malaysia. Ia harus pulang kampung demi sebuah asa dan harapan kakaknya agar ia memajukan kampungnya dan melanjutkan perjuangannya di tanah kelahirannya tersebut.

Sebelum menjadi Koordinator KBA Pak Kasri juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan Pendidikan, sosial kemasyarakatan, kebersihan kampung dan lingkungan. Hal inilah barangkali yang menjadikan beliau cocok ditetapkan sebagai koordinator Kampung Berseri Astra Jorong Tabek.

Berkat kerja keras beliau akhirnya empat pilar yang dicanangkan PT Astra International, sukses berjalan di tanah kelahirannya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek yang empat tersebut.

Pertama, Bidang Pendidikan


KBA Tabek, Talang Babungo, Solok Sumatera Barat
MIS ( Madrsah Ibtidaiyah Swasta ) “ Tabek Talang Image : www.solokkab.go.id  

Dalam bidang Pendidikan ada sekolah binaan Astra yaitu “ MIS ( Madrsah Ibtidaiyah Swasta ) “ Tabek Talang menjadi perwakilan Kabupaten Solok untuk perlombaan sekolah sehat ataupun adiwiyata tingkat Sumatera Barat.

“ Sekolah ini dahulunya, sangat tidak layak. Bahkan tidak pantas disebut sebagai sekolah, berkat bantuan Astra lah. Maka, saat ini MIS Tabek Talang, sukses meraih berbagai prestasi dan menjadi tempat belajar yang nyaman bagi siswa,  “ Tutur Pak Kasri.

Semua itu tentunya tidak dapat diraih tanpa dukungan semua pihak, terutama pihak Astra dan penduduk serta orang-orang yang ikhlas mentransfer ilmunya, untuk kemajuan siswa MIS Tabek Talang ini.

Kedua, Bidang Kewirausahaan
  
Warga Jorong Tabek, umumnya bertani tebu. Hasil tanaman tebu ini diolah dengan cara tradisional dan didistribusikan di sekitar Sumatera Barat, karena keterbatasan alat dan pengolahan, tentu hasil yang mereka dapatkan tidak maksimal.

“ Saat ini produksi gula dari tebu itu, telah mencapai 300 Kg perhari. Hal ini berkat adanya bantuan mesin dari Astra, “ Kata Pak Kasri.

Ketiga, Bidang Lingkungan

Tidak perlu diragukan lagi, untuk bidang lingkungan. Jorong Tabek yang diketahui indah akan alamnya. Di lingkungan Jorong Tabek diberbagai sudut ditanami tanaman hias dan bunga. Di sini juga dibedakan ciri khas dari setiap zona yang dibentuk menjadi 11 zona lingkungan, yang dikelola oleh para ibu-ibu kampung, sehingga mereka lebih mengerti akan tanaman yang harus disiapkan dan ditanam untuk keindahan lingkungannya.

Keempat, Bidang Kesehatan

Bidang kesehatan di Jorong Tabek adalah dengan memberdayakan Posyandu-Posyandu yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, Sehingga dari binaan Astra ini, Posyandu di Jorong Tabek, masuk dalam 5 besar Posyandu terbaik dalam ajang penilaian dan perlombaan oleh Astra.

Ekspos Kampung Berseri Astra (KBA) Jorong Tabek Nagari Talang Babungo

KBA Tabek, Talang Babungo, Solok Sumatera Barat
Image : www.solokkab.go.id

Bulan lalu, di Jorong Tabek dilaksanakan Ekspos KBA, saat itu dihadiri oleh Camat Hiliran Gumanti dan Wakil Bupati Kabupaten Solok. Dalam sambutannya Wakil Bupati Solok Mengatakan “ Pemerintah akan memfasilitasi KBA Jorong Tabek untuk mencapai hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Yulfadri menghimbau agar para fasilitator KBA Jorong Tabek mampu memberikan yang terbaik, serta mampu melengkapi point-point penilaian yang telah ditetapkan, “ tuturnya.

Menurut Koordinator KBA Jorong Tabek, bahwa Jorong Tabek merupakan salah satu 10 besar terbaik dari 77 Kampung Berseri Astra tahun 2018.  Semoga ke depan Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek menjadi contoh untuk kemajuan Desa/jorong daerah lain di Indonesia. Dan Astra dapat terus memberikan dukungan untuk kemajuan seluruh daerah di Indonesia ini.
logoblog

Thanks for reading Memahami Makna di Balik Musibah

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar