5 Khasiat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat buah dan sayuran berbagai macam, jika kita mau mendapatkan manfaatnya, tentu harus senantiasa mengkonsumsinya setiap hari. Untuk mendapatkan manfaat dari buah tersebut. Srikaya yang akrab kita kenal dengan olesan untuk makan roti, ternyata berasa dari buah yang memiliki berbagai macam manfaat. Ya...buah srikaya yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah Srikaya merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Annonaceae. Srikaya juga merupakan tanaman yang berasal dari daerah Hindia Barat. Dalam bahasa Sumatera srikaya disebut sebagai delima bintang, dalam bahasa Jawa disebut sirikaja, dalam bahasa Nusa tenggara disebut sirkaya, dan dalam bahasa Maluku srikaya disebut aitsi.

Kandungan yang dimiliki srikaya adalah vitamin C, magnesium, serat larut, fosfor, asam folat, niacin, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, energi dan zat besi. Sehingga kandungan yang dimiliki srikaya banyak memiliki manfaat bagi kesehatan Anda.

Berikut saya akan menjelaskan beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan Anda. Jadi, simaklah beberapa manfaat srikaya untuk kesehatan Anda serta dengan cara penggunaannya. Berikut dibawah ini manfaat srikaya untuk kesehatan Anda, simaklah dengan baik.

01. Dapat Mengobati Bisul dan Borok
Manfaat srikaya yang pertama adalah dapat mengobati bisul dan borok. Dengan cara sediakan buah srikaya seukupnya, lalu haluskan dan tambahkan sedikit garam, setelah itu tempelkan pada luka borok atau bisul dan balutkan dengan kasa dan ganti 2 kali sehari.

Baca Juga5 Khasiat Wortel untuk Tubuh

02. Dapat Membasmi Cacingan Pada Anak-Anak
Caranya ialah sediakan buah srikaya 1 buah, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja, kemudian tambahkan sedikit gula merah agar rasanya agak manis dan diamkan sampai agak dingin, setelah itu saringkan dan minum 2 kali sehari 1/2 gelas.

03. Gangguan Pada Pencernaan
Caranya cuci daun srikaya yang masih segar secukupnya, lalu giling sampai halus, kemudian tambahkan minyak kelapa secukupnya, setelah itu tempelkan pada perut.

04. Menghilangkan Kudis
Caranya ialah cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, lalu giling sampai halus, kemudian remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan cara ini sehari dua kali.

05. Tiba-Tiba Pingsan dan Menenangkan Penderita Histeris
Manfaat srikaya yang terakhir adalah mencegah tiba-tiba pingsan dan menenangkan penderita histeris. Dengan cara cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus, kemudian dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form