Doa Mencari Jodoh Terbaik dalam Islam

  Rustam Efendi      
Postingan kali ini, bukan membahas tentang Doyok Otoi Ali dalam film Doa Cari Jodoh. Namun, adalah doa dalam mencari jodoh yang harus diiringi dengan usaha...Ya do'a merupakan senjata mukmin. Orang yang beriman tidak boleh lepas dari yang namanya do'a. Mungkin kita selalu berpikir mengapa repot-repot berdo'a, karena do'a belum tentu diijabah. Salah besar anggapan seperti demikian. Karena diijabahnya do'a itu bukan hak kita. Kita hanyalah berkewajiban berdo'a, namun perkara akan diterima atau tidak, itu hak Allah sang pengabul setiap do'a.
Doa Mencari Jodoh Terbaik dalam Islam

Tatkala kita sudah berdo'a, ada 3 kemungkinan yang akan terjadi terhadap do'a-do'a kita tersebut :

1. Do'a langsung diijabah oleh Allah.
Jika kita mendaptkan hal seperti ini sangatlah beruntung. Karena Allah menjawab do'a-do'a kita. Berbahagialah orang-orang yang setiap do'anya langsung diijabah oleh Allah. Namun, tentunya tidak semua orang yang akan mendapatkan hal ini, Nabi Ibrahim Alaihi Salam saja butuh puluhan tahun, bahkan sampai ia telah berumur tua, baru do'a beliau meginginkan anak diijabah oleh Allah. Seorang nabi yang menjadi tauladan bagi kita. Allah uji dengan menunda do'anya untuk dikabulkan. Apalagi kita yang  hanya manusia biasa. Jangan pernah bosan untuk berdo'a.

2. Do'a Ditunda oleh Allah untuk Diijabah
Yang kedua ini adalah ditundanya do'a-do'a seseorang. Ditunda bukan berarti suatu hari di dunia diijabah. Boleh jadi Allah tunda sampai kita berada di akhirat, dengan mendapatkan kebaikan-kebaikan terhadap do'a-do'a kita selam hidup di dunia ini.

3. Do'a Diganti oleh Allah dengan yang Lebih Baik.
Allah memberikan kepada setiap hambanya apa yang ia butuhkan, dan Allah tau apa yang seseorang itu butuhkan. Maka disetiap do'a kita, tatkala kita merasa belum dikabulkan oleh Allah. Bisa jadi Allah telah ganti dengan yang lain, bahkan dengan yang lebih baik, barangkali kita saja yang tidak menyadarinya. Tatakala kita minta ditambah rezeki, Allah karuniakan yang lain. Yang menurut Allah itu sedang kita butuhkan, maka itulah sebabnya Allah beri kebutuhan dan bukan keinginan kita.

Istimewanya lagi, Allah juga bisa mengganti do'a-do'a kita nanti di akhirat., ya Allah ganti dengan kenikmatan surga yang tiada taranya dibandingkan dengna kenikmatan di dunia ini. Karena seirngnya kita berdo'a tersebut selama hidup di atas dunia ini. Untuk itulah jangan pernah bosan dengan berdo'a kepada Allah di kala siang maupun malam, di kala lapang maupun sempit, di kala kaya maupun miskin, di kala sehat maupun sakit dan sebagainya.

Terkait dengan jodoh, hal itu adalah rahasia Allah yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya, karena hal itu telah dijanjikan oelh Allah sejak kita masih berada di dalam rahin ibu kita. Karena ada campur tangan Allah terhadap jodoh, maka dalam mencari jodoh, janganlah pernah berhenti kita berdo'a, agar Allah berikan segera jodoh itu dengan jalan yang tidak pernah kita duga. Yang tentunya harapan kita adalah Allah datangkan jodoh yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya, agar kelak saat menjalani kehidupan berumah tangga, selalu dalam tuntunan dan ridha-Nya.

Untuk itulah dalam memilih jodoh, perlu kita selalu membaca do'a berikut ini :
1. Untuk Laki-laki yang Mencari Jodoh
2. Untuk Perempuan yang Mencari Jodoh
Dalam Al-Qur'an :

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri2 kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa”. (Q.S. al-Furqan: 74)

Demikianlah uraian mengenai Do'a dan Do'a dalam mencari dan menanti jodoh terbaik dalam Islam, semoga bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Doa Mencari Jodoh Terbaik dalam Islam

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar