Batagak Kudo-Kudo Tradisi Membangun di Minang

  Rustam Efendi      
Salah satu tradisi yang masih bertahan di daerah Minang saat ini adalah batagak kudo-kudo. Batagak kudo-kudo adalah tradisi membangun yang dilengkapi dengan acara adat terutama di daerah Pariaman. Batagak kudo-kudo merupakan upacara ritual adat yang dilaksanakan saat akan membangun rumah pribadi, sarana umum dan tempat ibadah. Dalam upacara batagak kudo-kudo, masyarakat sekitar di mana bangunan akan didirikan diundang untuk ikut menghadiri acara tersebut.

Batagak Kudo-Kudo Tradisi Membangun di Minang
Image By : https://blogkaba12.blogspot.com/2
Di Minang kegiatan beramai-ramai seperti ini, sering juga disebut dengan istilah " baralek " baralek itu umum digunakan untuk istilah anggota keluarga yang sedang mengadakan pesta, seperti pesta pernikahan, perayaan khatam Qur'an dan pesta lainnya. Layaknya kegiatan pesta tersebut, batagak kudo-kudo juga diadakan dengan acara selamatan dan makan-makan di rumah tempat diadakannya kegiatan tersebut.

Baca Juga : Mengenal Suntiang, Mahkota Pengantin Minang

Pada kegiatan batagak kudo-kudo, para tamu undangan juga telah mempersiapakan hadiah untuk diberikan kepada yang melaksanakan batagak kudo-kudo. Biasanya, hadiah itu berupa perlengkapan bahan untuk membangun, maupun sejumlah uang sesuai dengan kemampuan para tamu.

Tradisi batagak kudo-kudo adalah tradisi yang telah lama ada di ranah minang, terutama daerah Pariaman. Kegiatan ini, untuk masa-masa sekarang tidak hanya para tamu sekitar yang datang sebagai undangan, apalagi jika mengadakan batagak kudo untuk fasilitas umum, seperti mesjid dan lainnya, maka para perantau yang berada di luar kota pun diundang untuk menghadiri acara batagak kudo-kudo ini.

Dengan adanya bantuan dari perantau yang telah sukses, maka pembangunan sarana dan prasarana di kampung halaman akan lebih cepat selesai. Dengan adanya kegiatan batagak kudo-kudo ini, juga dapat mempererat tali silaturrahmi antar warga kampung.

Demikianlah postingan mengenai tradisi batagak kudo-kudo ini, semoga menambah wawasan bagi teman-teman yang membacanya ya.
logoblog

Thanks for reading Batagak Kudo-Kudo Tradisi Membangun di Minang

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar