Berhentilah Mengeluh dalam Hidup

  Rustam Efendi      
Suatu hari, saya mengenal seorang pemuda yang memiliki keterbatasan dari segi fisiknya. Tidak memiliki kaki yang sempurna dan berbicara yang agak terganggu. Dalam pikiran saya, kasian ya lihat orang ini, memiliki wajah yang ganteng, tetapi memiliki keterbatasan dari segi fisiknya. Mungkin ia malu bertemu dengan orang lain, dan tidak memiliki keahlian ataupun pekerjaan tetap. Begitu pikiran saya saat itu. Namun, semua dugaan saya salah.

Berhentilah Mengeluh dalam Hidup
Ilustrasi

Betapa tidak sang pemuda tersebut ternyata memiliki kemampuan yang tidak semua orang punya. Ia bisa membuat roti dengan racikannya sendiri. Sehingga dengan modal awal seadanya, ia mencoba membuka usaha roti hasil olahannya sendiri. Hasilnya sangat diluar dugaan, 3 tahun merintis usaha roti, sekarang ia sudah memiliki perusahaan roti yang cukup berkembang di daerahnya.

Keterbatasn yang ia miliki, ternyata tak menyurutkan langkahnya dalam mengembangkan usaha roti. Dapat penghasilan puluhan juta setiap bulannya dan bisa mempekerjakan orang-orang yang membutuhkan pekerjaan di sekitarnya adalah buah dari kesabaran dan semangat yang ia jalani.

Sosok pemuda di atas, hanyalah salah satu orang sukses yang saya ceritakan, sebenarnya masih banyak sosok-sosok yang kita kenal seperti beliau tersebut. Di tengah kekurangan, memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Ketulusan hatinya menerima apa yang ia alami saat ini dan memiliki semangat yang tinggi untuk menjalani kehidupannya, adalah contoh yang patut kita jadikan panutan.

Bagaimana dengan kita ? terkadang kita sering mengeluh, hanya karena hal sepele. Katakanlah rezeki yang didapat hari ini sedikit, kita mengeluh. Ataupun harta yang kita miliki sedikit,  kita mengeluh, apa yang kita inginkan tidak kita dapatkan, kita mengeluh. Banyak sekali kita mengeluh dalam hidup ini. Apakah kita tidak malu dengan mereka yang memiliki keterbatasan dan ketidak sempurnaan fisik, tetapi masih bisa menghasilkan karya dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Terkadang hidup yang kita keluhkan saat ini, adalah hidup yang baru diinginkan oleh orang lain. Kenapa kita selalu membandingkan keadaan kita pada mereka yang di atas kita, kita selalu menoleh ke atas. Mereka begini, kenapa saya begini. Hal ini, hanya akan membuat kita semakin terpuruk dan kecewa, hingga pada akhirnya putus asa dalam hidup.

Sesekali melihatlah ke bawah, lihatlah keadaan mereka yang jauh di bawah kita. Maka, semakin kita memperhatikan hal itu, semakin kita mensyukuri keadaan kita hari ini. Kita hidup bukan untuk mengeluh, tetapi hidup untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Hidup tidak hanya hari ini, tetapi terus akan kita hadapi dan jalani. Semakin semangat dalam menjalani hidup, semakin berbahagialah kita. Bukan kondisimu membuatmu tidak bahagia, tetapi sikapmulah terkadang menjadikan dirimu merana.

Semoga tulisan sederhana ini menjadi renungan bagi kita, terutama bagi saya yang menuliskannya. Tetap semangat jalani hari ini, esok dan di masa-masa mendatang. Tidak ada yang perlu kita keluhkan dalan hidup.
logoblog

Thanks for reading Berhentilah Mengeluh dalam Hidup

Previous
« Prev Post

3 komentar:

  1. Betul, nasehat kedua ortuku juga begitu,mas ... pantang dikit2 mengeluh dalam hal apapun.

    Ortuku selalu mengajarkan untuk mensyukuri rejeki sekecil apapun yang kita terima.
    Dan mengingatkan untuk selalu melihat ke bawah ... masih banyak orang berkesusahan di bawah kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas mantep mas, hehe..
      semoga kita selalu ingat pesan itu ya mas, sampai akhir hayat.

      Hapus
    2. Amin,mas ...
      Kita tetap jadi pribadi yang legowo.

      Hapus