6 Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Rambutan memang merupakan buah-buahan yang sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehati-hari, rasanya yang manis dan juga enak membuat tidak pernah ada kata bosan untuk menikmatinya. Buah yang memiliki kulit berambut dan berwarna merah dan berdaging berwarna putih ini, sangat mudah dan murah kita dapatkan. Baik di pasar-pasar tradsional maupun di supermarket.
6 Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan
Buah rambutan kaya akan gula. Sebagian dari buah ini adalah fruktosa dan sukrosa, tetapi buah ini hanya mengandung sedikit kalori yaitu sekitar 60 kalori dalam setiap buah. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin C. Rambutan juga mengandung potasium, zat besi, vitamin A, dan juga mengandung kalsium, maqnesium seng natrium, niacin, serat serta protein.

Buah rambutan juga kaya akan antioksidan. Di Thailand pada Universitas Chiang telah dilakukan penelitian ditemukan bahwa biji dan kulit rambutan memiliki antioksidan kuat yang dikenal dengan flavonoid. Zat inilah yang kemudian dikenal dan dipercayai dapat mengurangi kolesterol dan anti kanker serta anti-inflamasi.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan :

1. Anti Kanker 
Rambutan mengandung antioksidan. Seperti disebutkan di atas Penelitian yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi.

2. Melindungi dari efek Radikal Bebas
Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

3. Kaya Vitamin C 
Rambutan kaya vitamin C. Jika seseorang mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka dia memperoleh 75-90 mg asam askorbat, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

4. Pembentukan Darah 
Buah rambutan yang manis ini mengandung sejumlah kecil tembaga. Zat ini diperlukan sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

5. Obat Sariawan
Khasiat rambutan yang ketiga yaitu sebagai obat sariawan. Buah ini punya banyak kandungan vitamin C yang bisa menyembuhkan sariawan Anda. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menyehatkan rongga mulut Anda, termasuk gusi dan gigi.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat lainnya dari vitamin C pada buah rambutan adalah untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dari serangan berbagai penyakit. Hal ini berhubungan langsung dengan daya tahan tubuh. Tubuh yang kuat akan membuat Anda bebas dari penyakit seperti demam, flu, dan juga batuk.

Demikianlah informasi mengenai 6 Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga ini : Makanan Sehat untuk Jantung
Advertisement

1 komentar:

avatar

Ternyata manfaatnya banyak banget yah, tapi sayangnya setahun sekali musimnya. Ini anak saya doyan banget, apalagi kalo ditaro di kulkas dalam keadaan udah dikupasin, terus makannya disuapin pula, beuhhh

Tulis Komentar