Khasiat Tanaman Kumis Kucing Untuk Mengobati Tubuh

Tanaman Kumis kucing atau dengan nama latin Orthosiphon aristatus adalah merupakan tanaman obat asli yang berasal dari Indonesia, tanaman ini mempunyai banyak manfaat dan kegunaan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini merupakan tanaman yang satu golongan dengan lamiaceae/labiateae.

Khasiat Tanaman Kumis Kucing Untuk Mengobati Tubuh

Ciri-ciri tanaman ini adalah berbatang basah, batang pohon kumis kucingnya yang berbentuk segi empat, serta sangat mudah dipatahkan dan kumis kucing ini mempunyai ketinggian yang dapat mencapai satu setengah meter.

Baca Juga : Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Kumis kucing dalam bahasa Jawa biasanya disebut remujung , jika dalam bahasa Madura biasanya disebut se-Salaseyan, songkot koceng dan kumis kucing dalam bahasa Sunda juga disebut kumis kucing, sama seperti Melayu dan Sumatra.

Kandungan yang terdapat dalam tanaman kumis kucing adalah Orthosiphon glikosida, zat samak berupa sinensetin, minyak asiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol, serta kumis kucing juga memiliki kandungan zat bioaktif organik seperti b-caryophyllene, belemene, humulene, b-bourbonene, 1-octen-3-ol and caryophyllene oxide yang bermanfaat bagi tubuh.

Kumis kucing ini juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan kita antara lain dapat mengobati rematik, mengobati batuk, mengobati asam urat, mengatasi masuk angin, mengobati keputihan, mengobati sembelit, mengobati kencing manis, dapat mengobati diabetes, mengobati sakit pinggang, mengobati hipertensi, dapat mengobati sipilis, menghilangkan rasa gatal akibat alergi, serta juga dapat mengobati radang ginjal.

Tanaman kumis kucing juga dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal dan penyakit susah kencing lho. Untuk meyembuhkan penyakit batu ginjal dengan cara ambil enam gram kumis kucing, tujuh pohon meniran, sediakan air 110 ml dan dibuat infus, lakukan cara ini dengan rutin dengan minum dua kali sehari, masing-masing 100 ml.

Dan cara untuk menyembuhkan penyakit susah kencing adalah rebus 1/4 genggam kumis kucing, campurkan dengan air satu gelas, rebus sampai tersisa menjadi setengah gelas. Lakukanlah cara ini dengan rutin dengan minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Sekarang Anda sudah pengertian bukan tentang tanaman kumis kucing yang sudah dijelaskan di atas yang bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal serta cara menyembuhkan penyakit susah kencing. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form