Batimung, Spa Tradisional Ala Banjarmasin

  Rustam Efendi      
Indonesia kaya akan adat dan kebudayaannya. Dari nenek moyang sampai kepada generasi penerus budaya itu akan selalu ada pada daerah masing-masing. Terkadang, ada yang mampu bertahan sampai saat ini, namun ada pula yang hilang ditelan masa.

Salah satu adat dan kebudayaan unik itu adalah Batimung, mungkin sedikit asing di telinga kita mendengar kata Batimung ini dalam kehidupan sehari-hari, karena tidak pernah kita saksikan atau memang tidak pernah mendengarnya. Pada artikel ini, saya sedikit mengulas mengenai hal itu.

Batimung merupakan budaya orang banjar yang telah lama dilaksanakan sampai saat sekarang ini. Batimung itu adalah mandi uap yang terinspirasi dari legenda kecantikan Putri Junjung Buih. Pada orang Banjar Batimung merupakan ritual wajib bagi calon pengantin baik bagi calon mempelai pria, terlebih lagi bagi calon mempelai wanita.
Batimung, Spa Tradisional Ala Banjarmasin
Tujuan utama dalam dilaksanakannya Batimung adalah untuk mengeluarkan bau keringat, dan menjadikan aroma tubuh wangi saat melangsungkan pernikahan. Batimung juga dapat mencegah terjadinya cucuran keringat berlebihan saat hari H pelaksanaan perkawinan.

Apakah Batimung hanya boleh dilakukan calon pengantin ? oh tentu tidak, bagi Anda yang ingin mendapatkan kesegaran tubuh setelah mandi uap Batimung dapat melakukannya di tempat Anda masing-masing. Dalam tradisinya Batimung itu dilakukan dengan mengurungkan diri dalam suatu tempat yang kita kenal dengan tikar pandan, dan di dekat kaki diletakkan air mendidih dalam panci yang sudah dicampur dengan berbagai ramuan tradisional, seperti rempah-rempah dan lainnya.

 Sehingga dalam tempat itu tubuh orang Batimung mendapatkan panas uap yang menjalar ke seluruh anggota tubuh dan menjadikan tubuh bermandikan keringat, sehingga hal ini menjadikan keringat kotor dan bau keluar bersamaan dengan panasnya uap yang ada dalam panci itu.

Batimung dapat dilakukan satu kali atau lebih, bagi calon pengantin. Tergantung kesanggupan sang calon pengantinnya. Dengan pelaksanaan Batimung ini, terlihat tubuh calon pengantin lebih segar dan kulit menjadi lebih cerah, untuk saat ini Batimung tidak hanya menjadi tradisi yang dilaksanakan pada saat akan melangsungkan pernikahan saja, tetapi Batimung sudah mulai dikemas secara modern dan difasilitasi dengan perlengkapan yang lebih modern. Sehingga bagi siapa saja yang ingin mencoba Batimung dapat mengunjungi tempat Batimung yang tersedia di Kalimantan Selatan.

Demikianlah artikel ini, silahkan baca juga : Cantiknya Gadis Banjar, Pada Festival Pasar Terapung.
logoblog

Thanks for reading Batimung, Spa Tradisional Ala Banjarmasin

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar