Waspadai Diabetes, kenali Gejalanya Sejak Dini

Diabetes Adalah suatu kondisi dimana kondisi kadar gula darah seseorang menjadi tinggi dari keadaan normal, secara umum diabetes dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian :

Gejala, penyebab, dan pengobatan Diabetes

1. Diabetes tipe 1 : Di mana terjadinya serangan sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin.

2. Diabetes tipe 2 : Di mana tubuh tidak mampu memproduksi cukup insulin, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Tiga fungsi utama insulin yaitu membuka jalan agar glukosa dapat masuk ke dalam sel untuk menghasilkan energi, menekan produksi gula di hati dan otot, serta mencegah pemecahan lemak sebagai sumber energi.

Maka kekurangan insulin inilah akan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam tubuh.

Mewaspadai Diabetes  !

Banyak orang yang memiliki kadar gula darah di atas normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai penyakit diabetes.
NamulhHal ini kadang-kadang dikenal sebagai pra-diabetes. Jika kadar gula darah Anda berada di atas kisaran normal, risiko Anda terkena diabetes menjadi meningkat.

Apa Gejala yang kita alami saat kadar gula darah di atas normal ?

Kunjungi dokter sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala-gejala utama pra-diabetes (kadar gula darah diatas normal ), gejala itu meliputi:

  • Sering merasa sangat  haus
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya, terutama pada malam hari
  • Sering merasa sangat lelah
  • penurunan berat badan dan kehilangan otot massal
  • Sering gatal-gatal di sekitar kemaluan.
  • Saat mengalami luka, lama sembuh
  • penglihatan sering kabur

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat selama beberapa minggu atau bahkan hari. Banyak orang memiliki diabetes tipe 2 selama bertahun-tahun tanpa menyadari karena gejala awal cenderung umum dirasakan oleh manusia.

Penyebab diabetes 

Jumlah gula dalam darah dikendalikan oleh hormon yang disebut insulin, yang diproduksi oleh pankreas (kelenjar di belakang perut).

Ketika makanan dicerna dan memasuki aliran darah Anda, bergerak insulin glukosa dari darah dan masuk ke sel, di mana itu dipecah untuk menghasilkan energi.

Namun, jika Anda memiliki diabetes, tubuh Anda tidak mampu untuk memecah glukosa menjadi energi. Hal ini karena tidak cukup insulin untuk memindahkan glukosa, atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar.

Meskipun tidak ada perubahan gaya hidup Anda dapat membuat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan.

Jika Anda didiagnosis mengalami diabetes, Anda harus  makan, makanan \ sehat , olahraga teratur dan melakukan tes darah secara teratur untuk memastikan kadar glukosa darah Anda tetap seimbang.

Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan yang sehat untuk memeriksa apakah berat badan Anda termasuk normal.

Orang didiagnosis dengan diabetes tipe 1 juga memerlukan suntikan insulin reguler untuk sisa mencegah diabetes berlanjut ketipe 2.
Diabetes tipe 2 adalah kondisi progresif, di mana pengobatan rutin dengan berkonsultasi dan berobat rutin dengan dokter Anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form