Serunya Perayaan Khatam Al-Qur'an Tradisi Padang

Khatam AL-Qur'an bermakana telah selesainya seseorang membaca Al-Qur'an mulai juz 1 sampai dengan juz 30. pada formalitasnya selesai membaca Al-Qur'an dalam arti selesai mennempu pendidikan ditingkat MDA/TPA, setelah Khatam seluruh siswa diharapkan  baik dirumah maupun disekolah ditingkat lebih tinggi, untuk kembali lagi mengulang membaca Al-Quran mulai dari juz 1 lagi.

Khatam berarti = Tamat, selesai, tuntas, nah seseorang yang telah menamatkan atau menuntaskan bacaan qur'annya disebut dengan khatam Al-Qur'an. Begitu juga pada jenjang pendidikan MDA ( Madrasah Diniyyah Awaliyah ) Atau TPQ ( Taman Pendidikan Al-Qu'an ) maka akan diakhiri proses pendidikannya dengan khatam Al-Qur'an pada akhir pembelajaran.

Di Indonesia khatam A-Qur'an dalam perayaannya diadakan berbagai macam acara, ada yang mengadakan selamatan dengan acara inti sang anak yang khatam membaca surat Ad-Dhuha sampai An-nas kemudian didoa'kan oleh tamu undangan, agar sang anak lebih giat dab rajin lagi dalam membaca Al-Qur'an, namun disumatera barat perayaan khatam Al-qur'an itu cukup unik, mari kita simak bahasannya.

Hari pertama Khatam Al-Qur'an
Semua siswa yang telah mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus untuk mengikuti khatam Al-Qur'an, maka pada hari pertama Khatam itu acaranya dilaksanakan semacam Lomba " Musabaqah Tilawatil Qur'an " antar siswa yang berkhatam Al-Qur'an.
Serunya Perayaan " Khatam Al-Qur'an " Tradisi Padang
Salah Satu Peserta Khatam Al-Qur'an Sedang Membaca Ayat
Setiap siswa dipanggil satu-persatu untuk membacakan Surat Al-Qur'an yang telah ia pelajari dan membacakannya dihadapan teman-temannya serta orang tua dan para tamu undangan yang hadir.

Hari Kedua Perayaaan Khatam AL-Qur'an
Semua siswa yang berkhatam Al-Quran dibawa kejalan ( Arak-arakan ) diiringi oleh siswa kelas bawah, lalu orang tua, serta musik-musik Seperti musik tradisional Tambua ataupun Rebana, dan musik modern Drum Band.
Serunya Perayaan " Khatam Al-Qur'an " Tradisi Padang
Pesserta Khatam AL-Qur'an Sedang Di jalan Pada Acara Arak-arakan.

Serunya Perayaan " Khatam Al-Qur'an " Tradisi Padang
Musik Penggiring Peserta Khatam Qur'an " Drumband ".

Serunya Perayaan " Khatam Al-Qur'an " Tradisi Padang
Rebana Penggiring Peserta Khatam Al-Qur'an.

Pada Acara kedua ini dilaksanakan bertujuan untuk mengumumkan atau memberitahu kepada masyarakat luas terutama masyarakat sekita tempat belajar Al-Qur'an bahwa anak ini telah selesai/tamat belajar Al-Qur'an di MDA/TPQ ini, sehingga ia akan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Demikianlah Informasi tentang Khatam Qur'an disumatera barat Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form