Menjadi Guru, Menjadi Gravitasi Bagi Siswa

Menjadi seorang guru itu memang sangat mengasyikkan, terlebih menjadi seorang guru pada Sekolah Dasar, disinilah kita menjadi pusat gravitasi bagi semua siswa yang kita didik. Istilah gravitasi itu sebenarnya disematkan dengan kata bumi, yakni " Gravitasi Bumi ," ini adalah bermakna  bahwa setiap benda yang berada di alam ia akan ditarik lalu jatuh ke bumi. Sedangkan menurut para ahli seperti ini " Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta."

Menjadi Guru, Menjadi Gravitasi Bagi SiswaDalam artikel pada kesempatan hari ini, saya mau menceritakan tentang analogi dari gravitasi, yaitu bagaimana saya menjadi gravitasi bagi semua anak didik saya, menjadi seorang guru memang memiliki gravitasi (daya tarik) terkuat dalam kehidupan, gravitasi guru bagi siswa disini bermakna bahwa siswa menjadikan guru sebagai model dalam kehidupannya, karena siswa cenderung mengikuti apa yang menjadi kebiasaan sang guru, maka wajar kemudian muncul peribahasa " Guru kencing berdiri, Siswa kencing berlari, " ini artinya bahwa guru menjadi gravitasi membuat siswa semakin berkarakter terpuji ( baik ) atau bahkan menjadi siswa yang memiliki karakter tercela ( tidak baik ).

Berbicara mengenai gravitasi bagi siswa, maka hendak ditarik ( dibawa ) kemana semua siswa kita, maka itu tergantung kepada kita sebagai pusat gravitasi siswa, siswa itu sangat menuruti apa yang dikatakan oleh gurunya, disinilah kesempatan bagi guru untuk menciptakan generasi berkualitas yang tidak hanya berprestasi namun juga berperilaku terpuji.

Menjadi gravitasi bagi siswa dengan mengajar tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan yang ada pada kurikulum pendidikan itu sendiri, lebih daripada itu adalah saya berusaha untuk mendidik siswa-siswa agar menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan agama.

Saya merasakan kebahagiaan saat siswa telah berhasil mendapatkan prestasi di sekolah dan luar sekolah, kemudian saya lebih bahagia lagi  jika siswa saya berprestasi dan berperilaku terpuji. Gagal rasanya menjadi guru dan menjadi gravitasi bagi siswa saat siswa berhasil mendapatkan prestasi di sekolah namun berperilaku tercela, suka tawuran, suka bolos sekolah dan tidak memiliki sopan santun.
Ajang Prestasi Siswa-Siswaku

Dok. Pribadi Ajang Prestasi Siswa
Peran saya sebagai gravitasi bagi siswa adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :
Pertama, Saya berusaha menjadi tauladan ( contoh yang baik ) bagi siswa, karena langkah awal ini akan menunjukkan kepada siswa bagaimana seharusnya menjadi seorang siswa yang bisa dibanggakan guru dan orangtua. Misalnya dari segi kedisiplinan, maka saya mengajarkan kepada siswa dengan selalu lebih dahulu datang ke sekolah sebelum bel berbunyi, sehingga daya gravitasi disini menarik kebiasaan siswa terlambat untuk membiasakan lebih disiplin pada masa atau hari berikutnya.

Keteladanan seperti hal diatas menunjukkan bahwa saya mendidik siswa bukan sekedar dengan ucapan dan kata-kata nasehat, namun saya berusaha mendidiknya dengan sikap yang saya mulai dari diri sendiri. Maka dengan metode seperti ini menjadikan saya sebagai gravitasi bagi siswa untuk menjadikannya selalu bersikap positif.

Kedua, Saya selalu menjalin komunikasi yang baik terhadap orang tua siswa, saling bekerjasama dalam mengajar dan mendidik siswa, sehingga setelah terjalinnya kerjasama yang baik dengan orang tua siswa. Saya mengetahui bagaimana perilaku siswa di rumah dan berusaha menasehatinya disaat ada orang tua peserta didik yang mengatakan bahwa anak mereka telah melakukan perbuatan yang tidak seharusnya ia lakukan.

Dengan demikian saya merasakan kepuasan terhadap perubahan tingkah laku siswa dari hari kehari dan tentunya perubahan kearah yang lebih baik.

Ketiga, Saya berusaha menjalin kerjasama yang baik terhadap rekan sesama guru dan mengajak mereka untuk secara bersama-sama mengontrol perilaku siswa dan memberikan nasehat disaat melihat siswa melakukan hal-hal yang tidak baik.
Itulah beberapa usaha saya menjadi gravitasi bagi siswa dengan harapan semoga saya berhasil dan bangga terhadap siswa saya yang memiliki prestasi dan berperilaku terpuji.

Demikianlah artikel mengenai menjadi " Menjadi Guru, Menjadi Gravitasi Bagi Siswa ", semoga bermanfaat.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

20 komentar:

  1. Wuuuuish, muantap kali mas, Smarphone luna ya, seperti nama orang, hehe...tapi keren banget smartphone nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i Mbak, emang keren nie, Luna Smartphonenya, secantik namanya, hehe

      Hapus
  2. Keren sekali ulasannya mas... lengkap banget dah pokoknya terutama tentang Smartphone LUNA... dilanjuttt ya sukse mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas, Apresiasinya, Luna memang keren...

      Hapus
  3. Waaaaw mantap prestasi siswa bos apalagi tu si mungil cangih banget heheh maksudnya tu tuh si luna jdi pengen jdiin gebetan ane haha dah kayak nama wanita cantik aje tpi sesuai sih nama degan spek2 nya ,ane aja.jdi ngiler tu baca lihat artikel tentang smarfone luna nya ,,,,tar gue update dlu bajet buat beli tu siluna,,,,smarfone canggih,strong dan sexuality banget ...eh tapi makasih lo mas broo atas artikel nya yeee ...bikin ane jdi bisa pikir2 mana hp yang harus ane pilih tentunya luna it's the best

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kece boss, kayaknya lagi cari smarphone ya bos, silahkan dibaca-baca lagi ya artikelnya dan simak kelebihan Luna Smartphone nya, biar tambah eksis ntar. Kalau udah beli ntar jangan lupa datang ke sekolahku mntak potoin murid2 ku, hehehe

      Hapus
  4. Waaaaw mantap ini nih smartfone. Yang ane cari kuat tangguh dan canggih and sexuality baget tuh nama nya denger nama nya nya.aje jdi pegen di pacarin tpi gak orang jdi gak ape2 gue beli aje tu hp kyak nya cantik luar dalam ..ooopz tpi di lihat2 dari artikel si bos tu siswa nye mantap juga canggih dan mantap dan ngegocek baget sama kayak smartfone luna nyaaaa.....hahahahah

    BalasHapus
  5. Makasih Informasinya brow, lengkap informasinya ni,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok brow, sama-sama terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
  6. Gravitasi bagi siswa, mntp mas sekolahnya dimna tu???

    BalasHapus
  7. Waaw...Luna, cantik secantik namanya, harganya juga cantik ya mas, hehheee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi brow, musti secantiknya lah ini

      Hapus
  8. Mantab Mas, jadi guru emang harus punya daya tarik mas..
    sama seperti Luna yang membuat saya tertarik akan kameranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, makasih kunjungannya.

      Hapus
  9. Inspiratiff sekali pak guruu. . Saya selalu salut dengan guru" dengan dedikasi tinggi 😁 semogaa suksesss selalu ya pak😊 salaam kenal 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kunjungannya Mbak, semoga saya tetap meng-inspirai terutama buat siswa-siswi saya.

      Hapus
  10. Sangat inspiratif. Tetap lah menjadi gravitasi bagi anak didik nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Pak, menjadikan siswa tetap berprestasi, terimakasih telah berkunjung Pak Guruu...

      Hapus
  11. aku baru mampir, dan alhamdulillah ya sdh dihapus juga review positifnya. Tulisan yg menginspirasi, smg makin banyak guru2 yg menginspirasi ya^^

    btw, boleh mampir dan ikutan GA 1 th blogku ya mas di Dunia Gairah, thankss :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.