Rahasia Rumah Tangga Diberkahi Menurut Ajaran Islam

Menikah adalah keinginan bagi pria dan wanita yang sudah dewasa, saat mengenal lawan jenisnya kita tentu memiliki rasa tertarik karena berbagai faktor sehingga untuk membentengi diri dari perbuatan yang dilarang oleh Allah, maka diberikan jalan dengan pernikahan.

Dalam Pernikahan tentunya kita menginginkan rumah tangga yang bahagia serta diRidhoi oleh Allah SWT, untuk itu lakukan Lima hal ini, saat akan dan setelah menikah :

1. Meluruskan Niat Untuk Menikah

Siapa saja yang ingin menikah segera luruskan niat, karena tidak sedikit orang yang salah dalam memasang niat ketika akan menikah, ada yang menikah karena malu dengan umur, ada yang menikah karena desakan keluarga, ada yang menikah karena ingin menyakiti seseorang dan banyak lagi niat menikah yang tidak sesuai dengan anjuran dalam Islam.

Menikah adalah anjuran Allah sebagaimana mana firmannya :“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kaurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. An-Nur : 32).

2. Sikap Saling Terbuka

Ketika sudah menjadi sepasang sumai istri maka hukum yang sebelumnya haram, menjadi halal, berarti pernikahan adalah menghalalkan perbuatan yang dilakukan haram pada waktu sebelum menikah, contohnya berhubungan suami istri itu merupakan suatu hal yang haram sebelum menikah, maka menjadi halal saat telah terjadi ajab kabul ( pernikahan ).

Untuk sikap saling terbuka sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, diantara suami istri karena kita belum mengenal 100% sikap dan kepribadian masing-masing.

3. Menjaga Toleran

Kita maklumi bahwa dalam rumah tangga antara istri dan suami memiliki berbagai perbedaan sikap dan pemikiran, sehingga terkadang terjadi perselisihan selama menjalaninya, sehingga dalam hal ini sikap toleran adalah perihal yang paling penting untuk membentengi diri dan rumah tangga dari kehancuran.

4. Menjaga Komunikasi 

Komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjaga keutuhan dan keberkahan rumah tangga, komunikasi meningkatkan rasa percaya diri dan sikap saling mencintai antara keduanya.

Apalagi jika keduanya memiliki kesibukan dan pekerjaan masing-masing, maka untuk menjaga keharmonisan dan menghindari perselisiham, segala sesuatu hal penting untuk dikomunikasikan.

5. Bersabar dan Bersyukur

Dua sikap ini merupakan sikap yang paling dibutuhkan ketika menjalani kehiudpan rumah tangga, karena jika tidak maka perceraian akan mudah saja terjadi, tidak sabar dengan sikap salah satu pasangan suami istri, tidak sabar dengan kondisi kemiskinan, tidak sabar dengan ujian, sehingga rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Apalagi terkait nafkah yang diberikan suami, jika isteri merasa kurang terus dan tidak bersyukur maka akan rentan terjadinya perselisihan yang berakhir dengan keretakan hubungan dalam rumah tangga.

5. Kontiniu Dalam Beribadah

Tujuan manusia diciptakan ke permukaan bumi ini adalah dalam rangka Beribadah kepada sang Khalik ( Allah SWT ), untuk itu agar kehidupan rumah tangga kelak, akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan diberkahi oleh Allah SWT, senantiasalah melaksanakan ibadah, sedikit tetapi rutin lebih diutamakan daripada banyak tapi jarang terlaksana.
Firman Allah SWT :

Artinya: ” Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku “. (QS Az Zariyat: 56).

Ibadah bukan cara mendapatkan kekayaan, akan tetapi berharap keberkahan itu datang, sehingga dengan ibadah rumah tangga kita diridhoi oleh Allah SWT. Banyak umat Islam mengabaikan hal ini, sehingga terkadang memiliki harta yang banyak namun rumah tangga terasa tidak tenteram, pertengkaran sering terjadi.

Untuk itu mari sama-sama kita koreksi diri, bagaimana ibadah kita selama ini, jangan sampai karena kesibukan dunia, melupakan ibadah sebagai kewajiban umat Islam.

Demikian artikel tentang " Rahasia Rumah Tangga DiBerkahi Menurut Ajaran Islam ", semoga bermanfaaat.


Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

2 komentar:

  1. Sikap saling terbuka, menjaga komunikasi, bersabar bersyukur, toleran. kata-kata itu sering saya dengar dari Unstaz saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya klau artikel Islami udh sering disampaikan...ustad.

      Rajin denger ceramah ustad ditulis aja nie..buat dibaca orang lain juga.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.