Mampukah Kita, Membalas Kejahatan dengan Kebaikan ?

- 09.52
Dalam kehidupan ini, terkadang ada saja seseorang yang tidak senang terhadap kita meskipun kita telah berusaha melakukan yang terbaik kepada orang tersebut, jangankan berbuat jahat kepadanya, berprilaku baik saja kita terkadang orang tersebut masih jahat kepada kita.
Mampukah Kita, Membalas Kejahatan Dengan Kebaikan
Tidak mudah bagi kita saat ada kejahatan yang dilakukan oleh orang lain kepada kita lalu kita balas dengan kebaikan, yang ada sebaliknya ketika seseorang berbuat baik maka dengan mudahnya kebaikan kita balas dengan kebaikan, lalu saat ada yang jahat dengan kita dengan mudahnya pula kita balas dengan kejahatan.

Luar biasa keimanan dan ketaqwaan seseorang saat ia mampu membalas kejahatan itu dengan kebaikan Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita saat ada seseorang  yang setiap Rasul berangkat ke Masjid orang tersebut meludahi kepala Beliau, tiap hari seperti itu, sampailah pada saat hari dimana tidak ada lagi orang itu meludahi Rasul saat melewati rumah orang tersebut.

Lantas Rasul merasa heran dan menanyakan kepada tetangganya " kemanakah perginya si Fulan ? ,kenapa tidak ada lagi dia meludahi saya saat saya melewati rumahnya, maka tetangganpun menjawab : " Si Fulan sakit wahai Rasul, maka sepulangnya dari masjid Rasul tanyakan kepada istrinya adakah buah tangan yang bisa dibawa menjenguk si Fulan yang tiap hari menjahili Rasul, betapa kagetnya si Fulan, sehingga saat teman akrabnya saja tidak peduli dengan kondisi sakitnya, malah Rasul yang ia anggap sebagai musuhnya orang pertama yang menjenguknya, maka berkat kejahatan dibalas dengan kebaikan, akhirnya si Fulan memutuskan masuk Islam.

Begitu agungnya akhlak Rasululullah SAW, saat kejahatan dibalasnya dengan kebaikan, mampukah kita melakukan itu semua ?, jawabannya ada pada pribadi kita masing-masing. Allah berfirman dalam Al-Qur'an :

Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan akan  menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).

Memang sangat sulit melakukan itu semua, akan tetapi tatkala kita mampu melakukannya pahala luar biasa yang akan kita dapatkan dan semakin banyak saudara kita yang menjadi teman akrab kita di dunia ini.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search