Lima Pelajaran Berharga dari Lebah

- 09.31
Dalam kehidupan ini semua yang diciptakan oleh Allah tidak ada yang sia-sia, bahkan seekor lalat dan lebah juga memiliki manfaat diciptakan oleh Allah SWT. Penting bagi kita mengambil pelajaran dari setiap kejadian dan ciptaannya.

Lebah merupakan salah satu ciptaan sang khalik, banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dari seekor lebah. Lebah merupakan hewan serangga yang hidup berkelompok hidup saling bekerjasama membuat sarang dan menghasilkan madu.

Dari sekelompok lebah kita dapatkan pelajaran berharga yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Firman Allah SWT :

Dan Rabbmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu).’ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl: 68-69)

1. Lebah Adalah Team work Yang Sukses

Jika kita perhatikan maka kita tidak akan menemui lebah itu hidup sendirian ia hidup team work, berkelompok dan bekerjasama. Ini merupakan pelajaran yang penting kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga jika kerjasama dan kekompakan selalu kita jalani, semua hal sulit terasa mudah, semua masalah akan terselesaikan beban berat akan terasa ringan.

2. Lebah Makan Dari Sari Pati Bunga.

Lebah tidak mau makan sembarangan ia terbang dari satu bunga kebunga yang lain, makanannya bersih dan sehat, terhindar dari makanan yang buruk. Pelajarannya bagi kita selaku muslim adalah bahwa kita harus memakan manakanan yang baik-baik lagi halal dan terhindar dari yang haram, sehingga jika halalan Thaiyyibah adalah konsep kita dalam memilih makanan maka tehindar dari penyakit dan dosa.

3. Lebah Mengeluarkan Madu

Lebah setelah ia membuat sarang maka ia akan mengeluarkan madu yang telah kita kenal sejak dahulunya madu itu adalah sebagai obat. Maka penting bagi kita apa yang keluar dari mulut ini adalah yang baik-baik, sehingga selamat orang lain karena lisan kita.

4. Lebah Tidak Membuat Kerusakan

Dimanapun lebah bersarang, bahkan didalam rumah sekalipun, maka lebah tidak akan merusak lingkungan sekita, itulah tipe muslim sejati dimanapun berada, dimana ia tinggal tidak menjadi biang keonaran dan menyenangkan hati tetangga, sehingga kehadirannya diharapkan, kepergiannya dirindukan.

5. Lebah Tidak Mau Menggannggu, tetapi jangan coba diganggu.

Pernahkah kita dikejar lebah ? barangkali kita telah mengusik ketenangan lebah beserta rombongannya, karena kita ketahui bersama bahwa lebah itu tidak akan pernah mengganggu orang lain, jika ia tidak diganggu.

Karakter Muslim adalah tidak mencari musuh, tetapi jika ada orang yang mengusik tertuama terkait dengan keyakinan, maka Muslim sejati sekali-kali tidak akan tinggal diam dan muncul jihad dimana-mana, berjuang membela Agama Allah.

Itulah Lima Karakter Lebah yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kehidupan kita sehari-hari, semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search