Lima Kedahsyatan Kalimat Basmallah

Membaca Basmallah baik dengan sempurna " Bismillahirrahmanirrahiiim " atau hanya kalimat " Bismillah ", ( dengan menyebut nama Allah ) merupakan bacaan dan ucapan yang sangat agung. Dengan membacanya, berbagai macam keberkahan dan kebaikan Allah SWT akan diberikan kepada hambanya.
Lima Kedahsyatan Kalimat Basmallah

Dengan membaca Basmallah seorang hamba telah menyandarkan aktivitasnya dengan penuh kepasrahan sambil memohon pertolongan Allah yang Maha Pengasih dan Maha penyayang kepada hambanya. Ia menyadari bahwa hanya Allah-lah yang menciptakan dan memiliki seluruh alam semesta beserta isinya dan hanya Allah yang mampu menolongnya dalam meyelesaikan pekerjaannya.

Dengan membaca Basmallah, secara benar dan penuh keyakinan, seorang hamba akan mendapatkan perlindungan, keselamatan, kemudahan, kesuksesan, kebaikan, keberkahan, dan Ridha Allah SWT.

Selain perihal diatas maka ada lima hal dibawah ini yang merupakan keutamaan membaca Basmallah, yaitu :

1. Membuat setan menjadi kecil.

Imam Ahmad bin Hambal dalam musnadnya meriwayatkan dari seseorang yang dibonceng oleh Nabi Muhammad SAW, ia berkata : Tunggangan Nabi tergelincir, maka aku katakan : " Celakah Setan, lalu Nabi bersabda : " Janganlah engkau mengucapkan " celakalah setan. Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata, " dengan kekuatanku, aku akan jatuhkan dia. Jika engkau mengucapkan Basmallah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat. " ( HR. Ahmad, Abu Dawud dan diShahihkan Al-Albani ).

2. Menyempurnakan Wudhu'.

Dalam Musnad Imam Ahmad dan juga dalam kitab-kitab Sunan, dari riwayat Abu Hurairah Said bin Zaid, dan Abu Sa'id Radiyallahu Anhum, Rasulullah SAW bersabda : " Tidak sah wudhu' seseorang yang tidak menyebut Nama Allah( mengucapkan Basmallah ) ( HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu majjah dan dishahihkan Al-Albani )

3. Menjaga Anak dari gangguan setan

Berdasarkan Hadits dalam kitab Shahih dan Al-Bukhari dan Shahih Muslim dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda : : Seandainya salah seorang dari kamu hendak mencampuri istrinya, maka membaca : Bismillah, ( dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari syetan dan jauhkan setan dari apa yang engkau rezekikan kepada kami), maka Jika Allah menakdirkan lahirnya anak, Insha Allah anak itu akan tumbuh tidak diganggu setan.


4. Menjauhkan Rumah dari Setan.

Dari Jabir dia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Jika seseorang masuk kedalam rumahnya, lalu ia menyebut asma Allah, saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya " Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam, " Jika ia masuk tanpa menyebut Asma Allah, masuk kedalam rumahnya, setan berkata, ' kalian mendapatkan tempat bermalam. Apabila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka setan berkata, " kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam. ( HR. Bukhari dan Muslim ).

5. Basmallah menghalangi jin dan setan melihat aurat manusia.

Rasulullah SAW bersabda : " Dinding ( yang menghalangi ) antara pandangan jin dan aurat anak Adam saat dia memasuki kamar kecil adalah ucapan : " Bismillah " ( HR. Ibnu majjah, Tirmidzin dan dishahihkan AL-Albani ).

Demikianlah Lima Kedahsyatan Kalimat Basmallah, semoga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.