Menurut Rasul, Begini Rumah Seperti Kuburan

- 09.38
Manusia hidup membutuhkan tempat tinggal untuk berlindung dari panas dan hujan, tiga kebutuhan mendasar bagi manusia yaitu sandang, pangan dan papan.
Kebutuhan papan kita maknai disini adalah tempat tinggal, tidak ada manusia yang tidak membutuhkan tempat tinggal, tidak jadi persoalan mengenai besar atau kecilnya, mewah atau sederhananya, yang pasti setiap manusia itu butuh tempat tinggal.

Setelah memiliki tempat tinggal, manusia akan menjalani kehidupannya untuk bekerja pada siang harinya berangkat pagi dari rumah lalu kembali sore atau malam harinya kerumah tercinta untuk berkumpul bersama keluarga dan beristirahat dari penatnya bekerja seharian.

Namun tahukah anda bahwa Rasulullah mengatakan dan mengingatkan kepada umatnya bahwa ada rumah yang perumpaannya disamakan dengan kuburan, jikalau kita renungkan kuburan adalah tempat kembalinya manusia dan menanti datangnya hari kiamat, disana manusia tidak lagi melakukan amal shaleh maupun amal buruk.

Jangan sampai rumah yang kita huni dengan anggota keluarga kita dinilai sebagai kuburan seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW :

"jadikanlah rumah kalian sebagai tempat shalat kalian, jangan jadikan ia sebagai kuburan" (HR. Al Bukhari no. 432, 1187, Muslim no. 777)

Berdasarkan hadits Nabi diatas maka cukup jelas bagi kita bahwa rumah yang dihuni oleh umat Islam yang tidak ada aktifitas ibadah Shalat didalamnya terutama Shalat sunnah ( karena Shalat wajib Dianjurkan Di Masjid), maka rumah itu dianggap sama seperti kuburan.

Betapa sedihnya kita jika itu yang terjadi pada diri kita, rumah telah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit, setiap hari mencari uang untuk membangun rumah yang mewah, tetapi dianggap sebagai kuburan oleh Rasulullah SAW.

Untuk itu pembaca yang Budiman, agar jangan sampai rumah yang kita huni itu disebut sebagai kuburan, maka rutinkanlah amalan ibadah Shalat didalamnya agar mendapatkan keberkahan yang luar biasa yang kita dapatkan, saat kita tidak mengabaikan perintah yang paling utama dalam Islam.

Kemudian dalam Sabda Rasulullah yang lain, bahwa rumah yang didalamnya dihuni oleh orang Islam namun tidak pernah terdengar lantunan ayat suci Al-Qur'an didalamnya maka rumah itu dianggap sebagai kuburan oleh Rasulullah, seperti sabdanya :

Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim 1860)

Rumah yang tidak pernah ada aktifitas membaca Al-Qur'an didalamnya, maka akan terasa kegersangan, persoalan datang silih berganti dan dicap sebagai rumah seperti kuburan, untuk itulah marilah senantiasa kita rutinkan membaca Al-Qur'an.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search