Dua Hal yang Paling Sulit Dilakukan dalam Hidup

Ketika melakukan sesuatu yang kita senangi itu akan sangat mudah sekali untuk dilakukan, sebaliknya melakukan suatu hal yang tidak kita senangi maka akan muncul rasa malas dan enggan dalam diri ini.
Dua Hal Yang Paling Sulit Dilakukan Dalam Hidup

Termasuk didalamnya melakukan dua hal yang menurut penulis sangat sulit dilakukan, meski terkadang perihal itu mudah dan enteng untuk dilaksanakan, karena bisa itu sebab terbiasa, sulit karena tidak terbiasa.

Dua hal yang paling sulit dalam hidup itu adalah :

1. Membiasakan Kebiasaan Baik.

Kebiasaan baik yang belum terbiasa kita lakukan adalah sesuatu yang sangat menyulitkan bagi yang belum terbiasa, sebab rasa malas dalam diri telah merasuk kejiwa dan memerintah otak agar tidak melaksanakannya, sebagai contoh bangun shubuh adalah sesuatu kebaikan, apalagi bagi umat Islam ditambah lagi dengan perintah Shalat, maka bangun shubuh sangat dianjurkan agar mendapatkan berbagai kebaikan dan keutamaan bangun shubuh hari. 

Namun tahukan anda, bahwa membiasakan hal itu bukan perkara gampang bagi mereka yang terbiasa bangun Pukul 10.00 wib pagi. Apalagi bagi mereka yang terbiasa sampai azan zuhur baru terbangun dari tidur, maka butuh perjuangan untuk membiasakannya.

Lalu bagaimana caranya, supaya kita terbiasa melakukan pekerjaan baik itu ?

Tentulah hal ini dimulai dari niat kita terlebih dahulu, karena tanpa niat tidak mungkin hal itu akan terwujud lalu mulai membisakan diri walau terasa sulit kebaikan itu kita lakukan dengan menanamkan dalam diri bahwa itu adalah untuk kebaikan diri kita sendiri, tanamkan energi positif dalam diri, mudah-mudahan dengan membiasakan hal ini, kita mulai terbiasa dengan kebaikan yang pada awalnya bukan merupakan kebiasaan kita.

2. Meninggalkan Kebiasaan Buruk.

Kebiasaan buruk yang terus menerus kita lakukan akan tertanam dalam otak kita bahwa itu adalah hal yang musti kita lakukan, meskipun terkadang kita sadar betul bahwa hal itu adalah sesuatu yang tidak baik untuk kita.

contoh kebiasaan buruk adalah merokok, minuman keras, begadang dan lain sebagainya, jikalau itu menjadi kebiasaan kita akan sangat sulit untuk meninggalkannya, padahal kita sadar bahwa hal itu sangat tidak baik untuk diri dan orang-orang terdekat kita. 

Namun karena memang meninggalkan kebiasaan buruk itu adalah hal tersulit,maka wajar saat ada keinginan untuk meninggalkannya akan terasa sulit bahkan cendrung mengulangi kesalahan itu lagi.

Solusinya adalah juga memulai dengan niat baik, untuk meninggalkan semua kebiasaan buruk itu, kemudian bertekad dengan sepenuh hati bahwa perbuatan kita lebih besar mudharatnya daripada manfaat yang kita dapatkan, maka meninggalkannya adalah pilihan tepat.

Semoga dengan selalu mengingat perbuatan yang sedikit mendatangkan manfaat buat diri kita itu tadi bisa perlahan membuat kita menjauhinya.

Demikian artikel ini, semoga memberikan manfaat bagi diri kita semua.


Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.