Keutamaan Puasa Arafah Pada Bulan Zulhijjah

- 04.29
Bulan Zulhijjah sebentar lagi akan datang, bulan yang didalamnya diwajibkan melaksanakan Ibadah Haji bagi orang yang mampu, bagi yang belum mampu disunnahkan melaksanakan ibadah Qurban, jika belum mampu disunnahkan berpuasa dibulan zulhijjah ini, juga memperbanyak Ibadah lainnya yang nilai dan keutamaannya sangat banyak diberikan oleh ALLAH SWT.
Keutamaan Puasa Arafah Pada Bulan Zulhijjah

Ya Satu hari dibulan zulhijjah atau tepatnya pada tanggal 9 zulhijjah adalah hari yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa hukumnya sunnah muakkad ( Suatu amalan yang sangat dianjurkan ).

Banyak sekali keutamaan melaksakan ibadah puasa arafah dibulan zulhijjah salah satunya berdasarkan hadits nabi SAW :

Dari Abi Qatadah ra., ia berkata Rasulullah saw. telah bersabda: "Puasa hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang." (RIWAYAT JAMA'AH kecuali Bukhari dan Tarmidzi)
*Al Jama'ah berarti diriwayatkan oleh para perawi yang banyak sekali jumlahnya.

Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51) Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Akan dikabulkannya do'a-do'a hamba yang berpuasa dibulan zulhijjah sebagaimana sabda Rasul, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada hari yang dimana Allah memerdekakan banyak hamba-hamba-Nya dari neraka daripada hari Arafah. Allah sesungguhnya mendekati mereka dan membangganggakan mereka kepada para Malaikat seraya berkata: Apa saja yang mereka inginkan? (akan Aku kabulkan)." (HR. Muslim, juga Tirmidzi, hadist ini shahih).

Setalah kita mengetahui dua hal diatas, maka tinggal pribadi kita masing-masing apakah kita mau mendapatkan keutamaan itu atau tidak. Semoga tahun ini kita bisa melaksanakan ibadah puasa Arafah, diampuni dosa kita dan dikabulkan do'a-do'a kita.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search