Musafir Era Modern Wajib Puasa atau Boleh Berbuka ?

Musafir adalah sebutan untuk orang yang melakukan perjalanan, dari suatu daerah kedaerah lainnya, pada masa Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam Safar ( Perjalanan ) dilakukan dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan unta yang sangat lambat jalannya, sehingga banyak yang tidak kuat untuk melaksanakan puasa dibulan Ramadhan. Hal ini dijelaskan dalam Firman ALLAH SWT :
Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya mengganti puasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (Qs. al-Baqarah: 185).
Musafir Era Modern Wajib Puasa Atau Boleh Berbuka ?
perjalanan dengan pesawat terbang
Musim mudik telah tiba, banyak orang yang melakukan perjalanan pulang kampung. Pada Zaman sekarang ini Perjalanan lebih praktis, bisa menggunakan mobil, kapal laut dan pesawat terbang, bahkan terkadang perjalanan yang ratusan sampai ribuan KM, bisa ditempuh dalam hitungan jam.

Nah jika menggunakan kendaraan seperti itu Apakah tetap boleh untuk tidak berpuasa ? atau wajib melaksanakan ibadah puasa. Dengan perjalanan yang lebih mudah kita akan lebih kuat untuk melaksanakan puasa, sehingga berpuasa dalam safar ( perjalanan ) lebih diutamakan, daripada berbuka. Apabila memang benar-benar tidak sanggup melaksanakan ibadah puasa dengan alasan tidak kuat melaksanakannya, bukan karena malas maka tetap diperbolehkan untuk berbuka ( tidak berpuasa ) karena hal itu telah menjadi keringanan bagi umat Islam dalam perjalanan, sebagaimana sabda Rasul :

Para sahabat yang pergi dalam perjalanan dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, di antara mereka ada yang buka dan ada yang tetap berpuasa, sedangkan Nabi sendiri puasa dalam perjalanan, seperti yang dikatakan oleh Abu Darda’ radhiallahu ‘anhu, “Kami pernah pergi bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadhan dalam cuaca yang panas terik, sehingga ada sebagian dari kami yang terpaksa meletakkan tangan di atas kepala bagian dari kami yang terpaksa meletakkan tangan di atas kepala untuk berlindung dari panas matahari. Di kelompok kami tidak ada yang berpuasa selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abdullah bin Rawahah.” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Demikianlah info tentang- Musafir Era Modern Wajib Puasa Atau Boleh Berbuka ? - semoga menambah wawasan kita.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.