Begini Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman

  Rustam Efendi      
Kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja secara online membuat hampir semua orang memiliki minat yang tinggi terhadap belanja online. Mereka melihat dari sisi waktu dan tenaga yang dapat dihemat serta dari sisi fleksibelitas yang diperileh saat berbelanja online. Sayangnya, kenikmatan berbelanaj online tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan yang luas sehingga transaksi jual beli online sangat rawan terhadap tindakan penipuan. Banyak konsumen yang merasa dirugikan karena transaksi belanja online yang dilakukan. Kurangnya tingkat kewaspadaan dan pengetahuan yang dimiliki membuat belanja online menjadi sebuah momok yang cukup menakutkan bagi kalangan tertentu. Padahal jika berhati-hati, belanja online sangat menguntungkan.

Lalu bagaimana tips agar nyaman dan aman saat berbelanja online? Simak beberapa cara berikut ini.

1. Pilih tempat belanja online yang terpercaya

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempat belanja online yang terpercaya dan kredibel agar terhindar dari penipuan. Ketika Anda membeli produk atua barang dari penjual atau toko online yang terpercaya, maka kemungkinan Anda untuk ditipu dapat diminimalisir. Anda perlu mengecek terlebih dahulu kredibilitas dari toko online agar terhindar dari hal-hal yang kurang baik. Jika perlu Anda dapat mengecek situs web atau nomor telepon penjual terlebih dahulu lalu mencari ulasan atau review dari tempat belanja online tersebut. Jika review-nya baik, maka Anda dapat melanjutkan transaksi, namun jika tidak, Anda perlu berhati-hati dan waspada.

Salah satu tempat belanja online yang kredibel adalah ilotte.com yang memberikan fasilitas serta kemudahan bagi konsumen dalam berbelanja. Ilotte.com memiliki fitur yang mantap untuk mendukung kegiatan belanja online secara professional. Untuk dapat berbelanja di ilotte.com, Anda cukup mendaftarkan diri terlebih dahulu kemudian melakukan transaksi pembelian. Keamanan yang terapat disana cukup meyakinkan sehingga Anda dapat bertransaksi dengan nyaman.

2. Baca dan teliti kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda 
Anda juga perlu memastikan bahwa data yang Anda berikan saat mendaftar ke situs web tempat belanja online aman dan dirahasiakan. Jangan sampai terdapat pencurian data yang merugikan Anda di kemudian hari. Oleh karena itu baca baik-baik kebijakan dari situs web tersebut agar data rahasia Anda tidak tersebar ke public.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan dan membaca baik-baik perihal kebijakan pengembalian barang jika terdapat cacat produk atau kesalahan pengiriman barang. Hal ini sangat diperlukan agar Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari karena salah dan kurang teliti dalam memvaca kebijakan situs toko online.

3. Baca deskripsi produk dengan teliti sebelum membeli 


Langkah selanjutnya agar aman dalam berbelanja online adalah membaca deskripsi produk dengan cermat sebelum membeli produk. Jangan sampai Anda salah dalam membeli produk sehingga produk yang dikirim tidak sesuai dengan kriteria Anda karena Anda kurang teliti dalam membaca. Anda perlu curiga jika terdapat barang mewah yang dijual dengan harga cuma-cuma tanpa ada syarat dan ketentuan apapun. Oleh karena itu, membaca deskripsi sangat diperlukan dalam belanja online mengingat Anda tak bisa melihat produk secara nyata.

4. Jangan tergiur barang murah
Meskipun Anda sangat menginginkan sebuah produk, jangan sampai Anda gelap mata dan tertipu dengan produk yang dijual secara asal. Barang yang harganya terlalu murah sangat rawan dengan penipuan, terlebih jika harganya jauh rendah dibawah harga normal. Memang tidak semua produk yang harganya murah berarti penipuan, namun tidak ada salahnya jika Anda berhati-hati dan waspada serta tidak mudah tergiur dengan produk murahan agar kedepannya terhindar dari segala bentuk penipuan dalam belanja online.

5. Pastikan situs aman


Untuk anda yang masih awam dalam menggunakan internet, perlu diperhatikan tanda bahwa sebuah website yang anda kunjungi itu aman. Pada status bar software browsing anda, biasanya akan menambahkan tanda gembok yang menjelaskan bahwa website tersebut aman dari serangan malware. Selain itu saat anda memasukkan informasi penting seperti nomor kartu kredit atau identitas penting, alamat website akan berubah dari http menjadi shttp atau https. Saat alamat ini berubah itu tandanya website telah terinskripsi sehingga data-data anda yang ada di website tersebut tak mungkin diretas orang. Mungkin bagi anda pengguna awam kurang jeli tentang hal ini, tapi tak ada salahnya untuk lebih meningkatkan pengamanan kan?

6. Instal antivirus
Komputer yang anda gunakan untuk browsing situs belanja online sebaiknya sudah diinstal antivirus. Pengamanan pada perangkat computer anda digunakan untuk menghindari virus yang biasanya menempel di sebuah situs. Pada kondisi tertentu virus akan masuk ke dalam computer dan merusak beberapa sistem. Perbaruhi terus antivirus anda dan juga usahakan yang memiliki fitur anti spyware dan anti firewall. 

7. Metode pembayaran yang aman
Tentu semua orang menginginkan transaksi yang aman dan nyaman. Jika anda memiliki kartu kredit, tentu pembayaran dengan metode ini sangat bermanfaat. Semua enkripsi akan tercatat dengan baik langsung ke akun penjual. Tapi saat ini banyak tindak kejahatan pencurian data kartu kredit di dunia maya yang membuat anda perlu waspada menggunakan metode pembayaran ini. Cara lain adalah dengan mentransfer secara langsung ke rekening penjual setelah anda memastikan penjual tersebut terpercaya. Langkah lain yang lebih aman tapi sedikit merepotkan adalah metode pembayaran cash on delivery, anda dan penjual bertemu untuk membayar dan menyerahkan barang yang anda beli.

8. Bandingkan harga total pembelian
Sebagai pembeli memang tak ada salahnya membandingkan harga dari satu website ke website lainnya. Tentu anda harus menghitung jumlah total pembayaran yang harus anda siapkan sehingga total uang yang harus dikeluarkan bisa sesuai.  Jangan sampai tertipu jika harga yang tertera masih harus ditambahkan dengan ongkos kirim, biaya packing, dan biaya lainnya. Biasanya biaya tambahan ini tidak dicantumkan oleh penjual sehingga anda harus lebih jeli lagi agar tidak merasa tertipu.

9. Simpan bukti transaksi
Setelah anda selesai bertransaksi, usahakan simpan bukti transaksi berupa slip transfer, kuitansi digital, konfirmasi email, atau bahkan kuitansi fisik. Ini akan berguna jika suatu saat terjadi kekeliruan pengiriman barang, transaksi yang bermasalah, atau anda menjadi korban penipuan online. Dengan adanya bukti transaksi ini menjadi data pendukung bagi anda untuk mengajukan keluhan.

10. Matikan pc
Selesai melakukan transaksi dan dipastikan semuanya sudah berjalan dengan baik, ada baiknya anda harus mematikan pc atau laptop anda. Gunanya untuk menghindari kerja virus atau hacker yang mencuri password dan data-data digital anda. Ketika computer dimatikan maka tidak ada yang bisa mengakses data-data tersebut karena tidak terhubung ke internet.

Setiap konsumen ingin merasakan kenyamanan dan keamanan saat berbelanja online sehingga dibutuhkan persiapan diri yang matang agar tidak terjerumus dalam penipuan online atau bahkan data-data pribadi yang dicuri orang tak bertanggung jawab. 
logoblog

Thanks for reading Begini Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar