Memilih Posisi Menyusui Bayi yang Benar

Menyusui bayi merupakan hal atau momen yang sangat berharga bagi seorang ibu. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang didapat dari menyusui langsung bayi anda. Anda akan mendapatkan kedekatan emosional dengan bayi anda. Hal ini dikarenakan ketika menyusui bayi anda, anda akan bertatapan mata dengan bayi anda. 

Anda juga bisa sambal memeluk bayi anda. Bayi anda juga akan bisa mendengar detak jantung anda dab jika bayi sudah bisa melihat, mereka akan menatap diam wajah anda. 

Maka dari itu proses menyusui sangatlah ditunggu tunggu. Namun tak jarang para ibu yang bingung untuk menyusui bayi mereka karena posisi menyusui yang tak nyaman. 

Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih posisi menyusui bayi yang benar supaya Anda bisa menyusui dengan nyaman. Untuk memilih posisi bayi yang benar, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini.

Memilih Posisi Menyusui Bayi yang Benar

  • Posisi Berbaring
Ada kelemahan dan kelebihan dalam memilih posisi berbaring. Kelebihan dalam memilih posisi berbaring adalah anda bisa membuat tubuh anda nyaman berada di tempat tidur. Anda juga bisa
membuat diri anda rileks karena posisinya yang tiduran di Kasur. 

Namun ada juga kelemahan dari memilih posisi yaitu bayi bisa saja tergencet oleh badan anda, apabila anda tidak berhati-hati. Maka anda harus memperhatikan betul posisi tubuh anda ketika memilih posisi menyusui berbaring. Kelemahan lainnya adalah asi bisa saja masuk ke telinga bayi. Hal ini karena posisi anda yang tiduran.

Tetapi jika anda yakin ingin memilih posisi menyusui dengan cara berbaring. Anda bisa mengikuti
langkah-langkah berikut:
  1. Anda bisa memposisikan bayi anda miring, bisa dengan mengganjal belakang bayi anda dengan guling kecil untuk memiringkannya.
  2. Kemudian anda ambil dua bantal untuk ditaruh dibawah kepala anda dan juga dibelakang punggung anda, supaya posisi miring anda terasa nyaman.
  3. Kemudian taruh payudara anda di dekat mulut bayi anda.
  4. Lekatkan putting anda di mulut bayi, agar mulut bayi terbuka lebar.
  5. Agar putting anda tidak terlepas dari mulut bayi, anda bisa mendekap bayi.
  • Posisi Duduk
Untuk posisi yang satu ini anda bisa memilihnya karena posisi ini cenderung lebih mudah apabila bayi anda baru lahir. Namun posisi ini mungkin membuat anda sedikit tidak nyaman jika anda habis
melakukan operasi Caesar. Hal ini dikarenakan bekas jahitan yang mungkin belum sembuh benar. Posisi duduk ini bisa anda lakukan dengan duduk di sofa yang nyaman. Dianjurkan untuk sofa yang mempunyai senderan di belakangnya agar anda terasa nyaman. Namun jika sofa tidak memiliki senderan maka anda bisa menggunakan bantal sebagai senderan punggung. Cara berikut ini bisa membantu anda untuk melakukan posisi menyusui dengan duduk
  1. Anda harus duduk dengan posisi nyaman, dan kaki harus menapak lantai, tidak boleh menggantung.
  2. Kemudian gendong bayi di paha anda dengan bantal menyusui, jika tidak ada bantal menyusui, Anda bisa menggunakan bantal biasa.
  3. Dekap bayi untuk mendekat ke puting anda, lalu tempelkan mulut bayi.
  4. Anda bisa memegangi payudara anda, apabila payudara terlalu besar.
  5. Anda harus memeperhatikan jangan sampai hidung bayi tertutup payudara anda
Sebenarnya untuk memilih posisi menyusui anda bisa mempraktekan keduanya. Sehingga anda dapat
mengetahui posisi mana yang paling nyaman. Dikarenakan kenyamanan adalah hal penting dalam
menyusui agar asi mengalir deras. Kemudian yang harus anda ingat adalah posisi-posisi di atas adalah beberapa opsi yang tidak harus anda pilih. Hal ini karena ada beberapa ibu yang menyusui anaknya dengan menggendong anak dengan gendongan sambal berdiri.

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form