Jangan Remehkan Produk Dalam Negeri, Nyatanya Mobil Buatan Indonesia yang Mendunia Ini Sudah Sangat Diakui

  Rustam Efendi      

Jangan Remehkan Produk Dalam Negeri, Nyatanya Mobil Buatan Indonesia yang Mendunia Ini     Sudah Sangat Diakui
Basis mobil Esemka Garuda1 (Sumber: Chinaautoweb.com)

Berbicara tentang mobil, tak hanya luar negeri saja yang mampu memproduksi mobil, bahkan Indonesia pun mampu memproduksi mobil juga lho! Tentunya tak hanya sekedar membuat mobil ala kadarnya atau abal-abal saja, sebab beberapa mobil buatan Indonesia nyatanya sempat mendunia bahkan terjual hingga ke luar negeri. Yaps, setelah beberapa tahun lalu sempat digegerkan dengan kehadiran mobil Esemka, yang secara langsung uji coba kelayakannya dijajal oleh Jokowi, ternyata Indonesia juga memiliki beberapa jenis mobil yang tak kalah keren dan apik lainnya. Beberapa mobil buatan Indonesia yang mendunia yakni:

1. Mahesa
Mendengar kata Mahesa mungkin Anda akan membayangkan mobil keren sejenis Lamborghini, namun tentunya bukan demikian. Keunikan dari mobil Mahesa ini adalah, dimana jenis mobil ini adalah mobil pedesaan yang digunakan untuk membantu kinerja petani.

Diciptakan oleh seorang pria asal Klaten, Jawa Tengah, Sukiyat, nama “Mahesa” sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno yang diartikan sebagai “kerbau”. Hal tersebut karena kerbau dan pertanian merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam aktivitas membajak sawah.

Sukiyat membuat mobil Mahesa ini dalam 3 varian, yaitu pick up dengan warna merah yang dijual dengan harga Rp. 60 juta, double cabin yang berwarna kuning dengan harga Rp. 70 juta, serta kendaraan khusus untuk alat pertanian berwarna putih yang dijual dengan harga Rp. 50 juta.
Keunikan yang dimiliki Mahesa lainnya adalah, dimana, mobil jenis ini dapat disambungkan dengan alat pertanian lainnya, sebab pada bagian belakangnya memiliki POT atau power take off yang bisa dihubungkan ke peralatan mesin pertanian guna membantu kinerjanya.

2. SV-1
SV-1 merupakan mobil garapan atas kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan coachbuilder Signal Kustom. Jika dilihat sekilas, mungkin banyak yang tidak percaya bila mobil ini merupakan buatan Indonesia asli. Hal tersebut karena memang, desain yang ditampilkan oleh SV-1 ini sangat sporty, bahkan futuristiknya terlihat sangat menawan dan mewah.

Tak hanya itu saja, mobil buatan Indonesia yang mendunia ini hadir dengan sebagai motor listrik yang ramah lingkungan, ternyata diklaim mempunyai kecepatan maksimal sampai dengan 150 km/jam. Tentunya ini sebanding dengan mobil canggih lainnya yang notabene berasal dari luar negeri. Dan dengan prestasi ini, SV-1 berhasil meraih juara dalam kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia.

3. Pindad Piev
Memiliki nama Pindad, karena pengusung konsep dari mobil listrik yang ramah lingkungan ini memang berasal dari Pindad. Keunikan yang dimiliki dari mobil ini adalah, bagian Hatchback atau dua pintu mobilnya mempunyai tenaga maksimal hingga mencapai 25 KW dengan torsi sebesar 40 Nm

Tak hanya itu saja, mobil buatan Indonesia yang mendunia dengan gaya sporty ini diklaim mempunyai kecepatan maksimal mencapai 80 km/jam, dengan jarak tempuh mencapai 80 km hanya dalam satu kali isi daya baterai saja. Dan untuk perkembangannya, hingga saat ini kini Pindad Piev masih dalam tahap pengembangan.

4. Esemka
Siapa sangka mobil yang notabene digarap oleh anak-anak yang masih berumur 16-17 tahun ini kualitasnya tak jauh berbeda dengan mobil produk luar negeri. Meski hampir menyetarai mobil buatan luar negeri, harga mobil Esemka pun terbilang masih terjangkau, sehingga cocok untuk masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu saja, secara konstruksi mobil buatan Indonesia yang mendunia ini sepadan dengan apa yang dihadirkan oleh mobil-mobil kelas dunia lainnya.

Hal tersebut terbukti, dengan 3 tipe mobil Esemka yang telah hadir, yakni seri pick up kabin ganda hasil karya Esemka Digdaya, pick up untuk membantu kegiatan industri kecil hasil karya Esemka Bima, dan hasil karya Esemka Rajawali dan Borneo yang konsepnya dikhususkan mengusung segmen transportasi seperti minibus.

5. Mobil Listrik Ezzy II
Tahun 2017 lalu, Indonesia juga sempat digegerkan oleh kehadiran mobil listrik Ezzy II yang merupakan mobil karya mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun pernah melakukan uji coba kelayakan mobil ini pada Desember 2017 lalu di Gerbang Tol Warugunung. Kecanggihan yang dimiliki oleh jenis mobil ini adalah, memiliki tenaga baterai yang berkapasitas 20 kWh, serta memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 130 km dengan kecepatan maksimum mencapai 180 km/jam.

Daftar mobil buatan Indonesia yang mendunia tersebut sampai saat ini masih dalam tahap perkembangan lagi. Dan yang sedang ditunggu oleh masyarakat Indonesia dalam waktu dekat ini adalah kehadiran mobil Esemka terbaru yang memiliki spesifikasi lebih canggih dan desain yang lebih keren.
logoblog

Thanks for reading Jangan Remehkan Produk Dalam Negeri, Nyatanya Mobil Buatan Indonesia yang Mendunia Ini Sudah Sangat Diakui

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar