Mau Ikut CPNS 2018 ? Cek Keabsahan Ijazah Dulu

Jangan sampai Anda tidak lulus administrasi, cuma gara-gara tidak terdaftar di Forlap Dikti. Untuk mengetahui apakah ijazah yang Anda miliki sudah terdaftar di Kemenristek Dikti, sudah seharusnya Anda mengecek terlebih dahulu keabsahan data ijazah yang dimiliki. Tujuan dari verifikasi ijazah oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ini adalah langkah antisipasi penggunaan ijazah palsu. Apalagi jika Anda akan mengikuti seleksi CPNS 2018 jangan sampai gagal pada tahap verifikasi berkas. Terkait banyaknya kasus ijazah palsu beberapa tahun belakangan ini.

cek nomor seri ijazah

Dalam penomoran ijazah nasional ( PIN ) dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik ( SIVIL ), Kemenristek menyediakan fasilitas bagi Anda untuk mengecek keabsahan ijazah tersebut. Yaitu di situs https://ijazah.ristekdikti.go.id/. Menurut informasi situs yang menyediakan cek PIN tersebut bagi Anda yang datanya tidak muncul pada pencarian data, agar segera menghubungi pihak kampus untuk permasalahan tersebut, karena lazimnya data tersebut sudah didaftarkan langsung oleh pihak kampus di mana Anda kuliah.

Bagaimana cara cek Keabsahan Ijazah dengan sistem SIVIL ini ?
Dalam mengecek kebasahan ijazah tersebut sangatlah mudah, Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan situs Kemenristek tersebut. Dan berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi situsnya di : https://ijazah.ristekdikti.go.id/
2. Masukkah nama perguruan tinggi Anda ( jika perguruan tinggi sudah berubaha nama, tetap gunakan nama ketika Anda sudah tamat kuliah )
3. Masukkan nomor ijazah
4. Masukkan angka sesuai dengan yang tertera ( biasanya terdiri dari penambahan, misal 1+15, jadi Anda mengisi angkanya menjadi 16 )
5. Klik tombol verifikasi dan akan muncul data-data iajazah Anda, jika tidak muncul, maka perlu diurus lagi, datangi kampus tempat Anda kuliah dulu.

Dan berikut hasil verifikasi ijazah yang saya coba, menggunakan ijazah yang saya miliki.

cara mengecek ijazah sudah terdaftar

Demikianlah informasi tentang mengecek Keabsahan Ijazah Anda, semoga bermanfaat ya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner