Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim dunia. Pada bulan tersebut seluruh umat muslim dunia diwajibkan menjalankan kewajiban berpuasa selama 30 hari lamanya. Karenanya banyak berkah dan hidayah yang bisa di dapatkan di bulan suci ramadhan.

Bulan suci ramadhan juga sangat berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Segala aktivitas mulai dari pekerjaan akan berubah di bulan ramadhan. Untuk itu banyak hal yang selalu dilakukan banyak orang di bulan ramadhan dan tidak dilakukan pada bulan-bulan lainnya selain bulan ramadhan.

Di Indonesia sendiri banyak hal-hal yang hanya bisa di jumpai pada bulan ramadhan saja. Sebut saja acara buka bersama hingga acara ngabuburit yang menjadi suatu kegiatan yang selalu di lakukan pada bulan Ramadhan.

Nah untuk mengenal lebih jauh, berikut kami sajikan beberapa informasi mengenai hal-hal unik bulan ramadhan yang Ada di Indonesia. Silahkan disimak dan jangan lupa untuk berbagi kawan:
5 Hal Unik Bulan Ramadhan yang Ada di Indonesia :

1. Membangunkan Orang Sahur

Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia


Kegiatan ini sudah lama menjadi tradisi di indonesia. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, dan lain sebagainya. Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah “Sahur… sahur..” dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua. Kegiatan ini selalu dilakukan di bulan suci ramadhan.

2. Kolak Dan Takjil Menjadi  ( Makanan Terpopuler di Bulan Ramadhan Indonesia )

Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia


Makanan yang satu ini merupakan salah satu takjil yang sangat difavoritkan pada saat bulan Ramadhan. Kolak yang merupakan makanan berbahan dasar pisang ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak dapat dinikmati dengan hidangan pelengkap, seperti pacar cina.

3. Buka Puasa Bersama (Bubar)

Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia


Buka puasa bersama atau Bubar yang sudah menjadi kebiasaan bagi umat islam di Indonesia. Buka Bersama juga sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Banyak orang yang mengadakannya di tempat-tempat tertentu seperti di Restoran dll. Buka bersama bagi banyak orang di ibaratkan mempererat hubungan antar teman, atau antar saudara. 

4. Makan Buah Kurma

Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia


Buah yang disunnahkan oleh nabi ketika buka puasa, Tidak hanya itu buah kurma sendiri hanya terdapat pada saat bulan puasa ini. Jadi, sungguh suatu yang unik dan khas dari bulan Ramadhan yang terdapat di Indonesia ini.

5. Ngabuburit

Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia

Inilah salah satu tradisi unik yang sering kita lakukan pada bulan Ramadhan. Ngabuburit yaitu menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan yang positif.


Demikian Artikel Tentang Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan Hanya Di Indonesia, Semoga bermanfaat. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form