Bausung, Tradisi Unik Pernikahan Suku Banjarmasin

Indonesia itu kaya akan beragam adat dan budayanya, tentunya berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, dalam hal apapun, terutama dalam hal pernikahan akan nampak sekali perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya.
Bausung, Tradisi Unik Pernikahan Suku Banjarmasin
Instagram photo by Gusti Aulia Rahman.
Kalimantan selatan sebagai salah satu provinsi yang ada di indonesia, yang memiliki suku " Banjarmasin " memiliki tradisi unik, saat acara pesta pernikahan yaitu tradisi " Bausung ", apakah itu...?

Bausung adalah salah satu budaya yang unik yang tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan. Bausung diambil dari kata Usung yang bermakna gendong. yaitu Sepasang Pengantin sebelum mereka bersanding dipelaminan ( saat Mempelai pria datang kerumah mempelai wanita ) dilakukanlah bausung ( kedua mempelai digendong/diangkat keatas ) dilakukan oleh dua penari. Diiringi musik, dua penari sambil menggendong kedua mempelai disaksikan oleh para tamu dan undangan yang hadir.

Pada awalnya bausung itu hanya dilakukan oleh beberapa golongan saja dalam suku banjar atau yang lebih dikenal dengan keluarga ekonomi kelas atas, sehingga ketika sebuah keluarga mengadakan acara bausung dianggap keluarga itu tergolong dari keluarga yang mampu, selain itu bausung juga dianggap sebagai acara adat yang mewah.

Namun pada perkembangannya, tradisi bausung ini tidak lagi menjadi pesta pada kalangan orang kaya saja, namun sudah menjadi hiburan bagi masyarakat setempat pada setiap acara pernikahan, bahkan ketika urang banjar merantau kedaerah lainpun, masih banyak adat ini, dipakai dalam pesta pernikahan didaerah rantau.

Bagi keluarga banjar yang melaksanakan pernikahan, belum sempurna rasanya jika belum dilaksanakannya bausung ini, semoga tradisi ini tetap dilestarikan ya teman, dalam rangka melestarikan keberagaman kebudayaan Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form