Kisah Abu Jahal Dicambuk Malaikat

- 05.15
Abu Jahal merupakan Paman Nabi Muhammad SAW, pembesar dan tokoh Quraisy yang paling benci serta menentang dakwahnya Rasulullah SAW, selalu berusaha untuk menghalangi Nabi dalam berdakwah, bahkan beberapa kali berniat membunuh Nabi Muhammad SAW.
Kisah Abu Jahal Dicambuk Malaikat
Dalam Sejarah Islam telah dicatat, sahabat Nabi Abdurrahman Bin Auf menceritakan bahwa ketika ia berada di tengah-tengah Perang Badar Kubro, ia melihat dua anak muda gagah berani, salah satu diantaranya lalu menghampirinya " Paman, tunjukkan kepadaku mana Abu Jahal, " katanya dengan lantang.

" Anakku, apa yang akan kau perbuat dengannya ? tanya Abdurrahman Bin Auf. " Aku mendengar bahwa ia telah mencela Rasulullah, dan aku berjanji kepada Allah seandainya aku melihatnya niscaya aku akan membunuhnya atau aku akan mati ditangannya, " jawab anak muda tersebut.

Abdurrahman kaget dibuatnya, lalu pemuda yang salah satunya lagi memeluknya dan mengatakan hal yang sama kepada Abdurrahman Bin Auf. Seketika itu Abdurrahman melihat Abu Jahal berjalan ditengah kerumunan orang. " Tidakkah kalian lihat ? itulah orang yang kalian tanyakan tadi, " tutur Abdurrahman.

Kedua pemuda itupun langsung saling berlomba mengayunkan pedangnya kepada Abu Jahal hingga keduanya berhasil membunuh Abu Jahal dalam peperangan Badar Kubro, itulah kisah kematian Abu Jahal pada peperangan.

Lantas suatu ketika sahabat Rasulullah yang juga merupakan seorang Khalifah yang bernama Umar Bin Khattab menceritakan, bahwa suatu hari ia pernah melewati perjalanan daerah bekas peperangan " Perang Badar Kubro, ketika sedang melintas didaerah tersebut tiba-tiba dari dalam tanah muncullah sesosok manusia dan meminta sesuatu kepadanya. 

" Wahai Abdullah, berilah saya air minum, saya sangat haus, " kata sosok manusia itu beberapa kali.

Ibnu Umar seketika itu bingung, apakah orang tersebut memanggilnya dengan panggilan Abdullah ( kebiasaan orang arab memanggil orang yang tidak dikenal dengan panggilan " Abdullah " ). Tak lama kemudian didekat orang pertama tadi, bangkit juga sosok dengan membawa cambuk.

Lalu sosok tersebut berkata kepada Umar " Wahai Ibnu Umar jangan engkau beri orang ini minum dan jangan engkau dengar ucapannya, " tuturnya.

Lalu sosok itu mencambuk orang yang minta tolong tadi hingga orang tersebut kembali masuk kedalam tanah, melihat kejadian tersebut Ibnu Umar lalu segera menemui Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian yang baru ia alami.

Mendengar cerita Ibnu Umar, Rasulullah SAW balik bertanya, benarkah apa yang engkau ceritakan itu wahai Ibnu Umar ? Tanya Rasulullah. " Benar ya Rasulullah, " Jawab Ibnu Umar dengan sangat mantap dan tegas.

Maka Rasulullah SAW berkata kepada Ibnu Umarbahwa orang yang telah ia lihat bangkit dan dicambuk itu adalah Abu Jahal yang mati pada perang Badar Kubro. Sedangkan sosok yang kedua keluar dari alam kubur itu adalah Malaikat.

Malaikat tersebut sedang menyiksa Abu Jahal, karena perbuatan yang dilakukan Abu Jahal semasa hidupnya yaitu Jahat dan ganasnya memusuhi Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya.
Na'Uzubillahhi Min Zalik.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search