Tiga Waktu Dilarang Mengerjakan Shalat

- 05.46
Shalat merupakan tiang Agama dalam Islam, mengerjakannya adalah suatu kewajiban dan tidak boleh ditinggalkan jika tanpa ada uzur ( halangan ). Halangan dalam shalat itu juga tidak bisa dibuat hanya bagi orang tertentu saja boleh meninggalkan shalat tersebut.

Tiga Waktu Dilarang Mengerjakan ShalatJika Agama itu hendak tegak, maka dirikanlah shalat jangan pernah mengabaikannya. Shalat lima kali sehari-semalam, lalu adakah cara jika kita merasa bahwa Shalat yang kita kerjakan belum sempurna pelaksanaannya.

Ketidak sempurnaan Shalat wajib itu wajar dilakukan sebatas bukan dilakukan dengan sengaja, namun demikian Allah SWT memerintahkan agar kita melengkapi kekurangan itu dengan menambah amalan shalat sunnah secara rutin, banyak sekali Shalat sunnah yang bisa kita kerjakan.

Shalat sunnah rawatib, shalat sunnah dhuha, shalat sunnah tahajjud, shalat sunnah tasbih dan masih banyak shalat sunnah lainnya yang bisa kita lakukan dalam rangka menutupi shalat wajib yang belum sempurna kita laksanakan.

Dalam melaksanakan shalat dan berbagai ibadah lainnya haruslah berdasarkan dengan ilmu, karena ada waktu-waktu terlarang kita melaksanakan sunnah, terutama melaksanakan shalat sunnah, diantaranya sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Dari Uqbah bin Amir " Rasulullah SAW melarang shalat dalam tiga waktu : (1) ketika terbit matahari. (2) ketika hampir masuk zuhur sampai tergelincir matahari, (3) Ketika Matahari hampir terbenam ( setelah Ashar ) " ( HR. Bukhari )

Itulah tiga waktu yang dilarang oleh Rasulullah SAw untuk melaksanakan Shalat kecuali pada waktu  hampir masuk waktu zuhur pada hari jum'at. Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah melarang melaksanakan shalat pada waktu tengah hari tepat matahari berada diatas kepala kecuali hari jum'at ( HR. Abu Dawud )

Menurut mayoritas ulama yang dimaksud diperbolehkannya shalat sunnah sebelum jum;at itu adalah shalat sunnah Tahhiyatul Masjid, selain daripada itu maka terlarang juga untuk melaksanakan shalat.

Waktu terlarang yang dimaksud disini adalah tidak bolehnya seseorang melaksanakan shalat terutama melaksanakan shalat sunnah, terkadang kita sering menyaksikan saudara kita melaksanakan shalat sunnah sehabis shalat ashar, atau shalat sunnah ketika matahari terbit, ini waktu terlarang melaksanakan shalat maka agar kita menghindari waktu-waktu yang telah disebutkan diatas.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search