Cara mengatasi Gigitan Ular Berbisa

Ular adalah hewan yang memiliki bisa yang mengakibatkan rasa sakit yang sangat pada anggota tubuh yang terkena gigitan tersebut, untuk itu jika anda atau anggota keluarga terkena gigitan ular maka harus mendapatkan pertolongan secepatnya, agar tidak cepat menyebar racun yang ada pada bisa ular tersebut.
Tips mengatasi Gigitan Ular Berbisa
Betapa sakitnya dibayangkan jika kita digigit ular dan apabila tidak segera mendapatkan pertolongan akan mengakibatkan hal yang fatal dan bisa menyebabkan kematian, untuk itulah segera cari pertolongan dan atasi sesegera mungkin jika kita terkena gigitan ular berbisa, agar tidak menyebar kebagian anggota tubuh yang lain.

Jenis-jenis Bisa yang terdapat pada gigitan ular :

1. Neurotoksin : Dapat melumpuhkan sistim saraf pusat, melumpuhkan jantung dan sarah pernafasan. Racun jenis ini dimiliki oleh ular Kobra, ular Mamba, ular Laut, Krait, Ular Karang.

2. Hemotoksin: Dapat menyerang sistim sirkulasi darah dan sistim otot dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan, gangrene, kelumpuhan permanen kemapuan bergerak otot. Racun jenis ini dihasilkan oleh keluarga ular Viperidae misalnya Rattle Snake, Coppe head, dan Cotton mouth.

Tindakan darurat jika digigit Ular :

  • Cuci luka bekas gigitan ular dengan air bersih atau dengan larutan kalium permanganat untuk menghilangkan atau menetralisir bisa ular.
  • Jangan dihisap luka gigitan ular dengan mulut walau untuk mengeluarkan racun tapi cukup mengikat area luka gigitan ular untuk menghambat penyebaran racun.
  • Bila mungkin anggota badan yang digigit didinginkan terlebih dahulu dengan es batu.
  • Usahakan jangan banyak bergerak jika digigit ular tetap tenang dan berpikir positif.
  • Jika kondisi jauh dari rumah sakit luka bekas gigitan ular diusahakan dengan mencari pohon pisang yang masih muda sekitar 6. meter potong sekitar 30 cm dari pangkal daun dan ujung potongan pohon pisang ditempelkan pada luka gigitan ular yang area nya telah diikat dengan tali atau bahan apapun untuk menghambat racun ular masuk dan mengalir melalui pembuluh darah.
  • Penderita secepatnya harus dibawa ke dokter atau rumah sakit yang terdekat untuk menerima perawatan selanjutnya.
  • Ada sebagian cara penduduk pedalaman meminum air jahe dan membalur luka gigitan ular dengan kunyit terus menerus sampai menunggu pertolongan dokter.
Sebaiknya anda mengenal bekas gigitan ular tersebut, karena walupun ada ular yang berbisa namun ada juga ular yang tidak berbisa, darimana kita dapat mengenalinya yaitu :

1. Bekas gigitan Ular berbisa meninggalkan bekas 2 titik
2. Bekas gigitan ular tidak berbisa meninggalkan bekas seperti huruf    U dan bekas luka yang banyak.

Demikianlah Informsi tentang " Tips mengatasi Gigitan Ular Berbisa " Semoga bermanfaat.



Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.