Khasiat Belimbing Wuluh / Belimbing Asam untuk Kesehatan

Khasiat Belimbing Wuluh / Belimbing Asam untuk Kesehatan

Belimbing wuluh atau dikenal juga dengan belimbing asam, tentu bukan buahan yang asing lagi di tengah-tengah masyarakat Indonesia, apalagi yang hidup di desa yang masih banyak membudidayakan berbagai macam tanaman. Belimbing asama ( Averhoa Bilimbi ) dapat tumbuh baik di tempat-tempat terbuka yang mempunyai ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut.

Di Indonesia belimbing ini banyak dipelihara di pekarangan atau tumbuh liar di ladang maupun di hutan. Tumbuhan ini tingginya dapat mencapai lebih dari 10 meter dan mempunyai batang yang keras. Ada dua jenis dari tumbuhan belimbing asam ini yaitu menghasilkan buah berwarna hijau dan kuning muda atau sering pula dianggap berwarna putih.

Batangnya tidak banyak memiliki cabang, sedangkan daunnya bersirip genap. Bunganya yang kecil-kecil menggantung berwarna merah atau keunguan dengan buah memanjang dan dalamnya berongga berbiji-biji. Daging buahnya banyak mengandung air yang rasanya asam.

Khasiat dari belimbing wuluh/belimbing asam itu banyak sekali seperti mengobati batuk, mengobati diabetes, mengobati sakit gigi dan lainnya. Untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca artikel ini selanjutnya.

1. Belimbing Wuluh untuk Mengobai Batuk
Batuk adalah penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya. Apabila batuk datang saat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun kita ketahui penyakit batuk tidak tergolong penyakit berbahaya namun perlulah diwaspasi dan segera diobati.

Untuk itulah memilih pengobatan dengan bahan alami adalah hal yang perlu kita lakukan, selain biaya murah dan tidak memiliki efek berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Adapun untuk pengobatan batuk menggunakan belimbing asam ini adalah dengan mempersiapkannya sebagai berikut :
  • 3 buah belimbing wuluh
  • 250 CC air 
  • Gula secukupnya.
Cara meramunya :

Campurkan air, belimbing asam, dan gula menjadi satu lalu diamkan selam 1 jam dan hangatkan serta setelah hangat didinginkan. Lalu saringlah air belimbing dengan menggunakan kain tipis kemudian air dibagi dua untuk diminum pagi dan malam hari.

2. Belimbing Wuluh untuk Diet
Belimbing asam dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, hal itu dikarenakan belimbing asam memiliki kandungan vitamin C dan serat. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu melancarkan diet Anda.

Dalam kandungan vitamin C dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme dalam tubuh lancar mempercepat terjadinya proses pemabakran lemak, hal inilah mengapa belimbing asam dapat digunakan untuk diet.

3. Belimbing Wuluh untuk Gusi Berdarah
Dalam mengatasi dan mencegah gusi berdarah menggunakan asam wuluh dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung maupun berupa manisan.

Asam wuluh dapat memebrikan kesehatan pada gusi dan menjaga kesehatan gigi Anda, terutama bagi Anda yang rentan mengalami gusi berdarah ini.

4. Asam Wuluh Mencegah Hipertensi
Hipertensi dapat menyebabkan berbagai penyakit sehingga mencegahnya perlu untuk dilakukan, ternyata dalam asam wuluh dapat mencegah dan mengatasi hipertensi, cara cukup mudah dengan mengkonsumsi asam wuluh secara rutin dapat mencegah hipertensi kandungan rendah lemak dalam asam wuluh dapat mencegah pemicu hipertensi.

5. Untuk Kesehatan Bibir
Bahan alami untuk perawatan bibir dapat menggunakan asam wuluh karena dengan menggunakan asam wuluh ini dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Dengan rutin mengusapkan asam wuluh pada bibir Anda dapat menjaga kesehatan bibir, namun perlu hati-hati jangan menggunakannya saat bibir Anda dalam keadaan pecah-pecah. Karena dapat membuat bibir Anda menjadi iritasi,

Memanfaatkan asam wuluh untuk kesehatan bibir Anda karena asam wuluh mengandung vitamin C dan vitamin A dapat menjadikan bibir Anda menjadi bertambha segar dan berwarna kemerahan.

6. Obat Jerawat Alami
Jerawat adalah suatu penyakit di wajah Anda yang menjadikan Anda kurang percaya diri untuk tampil di depan umum. Gunakanlah asam wuluh ini untuk mengempeskan jerawat yang mengganggu. Kandungan zat asam dalam asam wuluh dapat menyebabkan sedikit sakit pada jerawat Anda.

Namun jangan khawatir antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu Menyembuhkan jerawat yang muncul di wajah Anda.

7. Belimbing untuk Menyehatkan Tulang
Tulang yang mulai kehilangan kepadatannya akibat bertambahnya usia, menjadikan tulang Anda semakin rapuh dan mengakibatkan tulang tak lagi mampu menahan bobot tubuh kita ini. Jika hal ini terjadi tentunya tulang akan kehilangan fungsinya.

Kandunga kalsium dalam belimbing wuluh dapat memmbantu merawat kesehatan tulang dan untuk kepadatan jantung. Dengan rutin mengkonsumsi belimbing wuluh secara langsung dikunyah ataupun dengan cara direbus terlebih dahulu dan minum airnya sehari sekali, dapat meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang.

8. Dapat Digunakan Sebagai Lulur
Lulur dapat digunakan dengan berbagai macam bahan dari alam, seperti menggunakan wuluh untuk mejadikan kulit bertambah cerah. Dalam belimbing wuluh mengandung vitamin yang dapat menambha kecerahan kulit dan memiliki sifat anti jamur.

Kulit orang yang rutin mengkonsumsi belimbing wuluh akan terbebas dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh jamur, seperti kadas, kurap dan panu. Kulit yang cerah harus diiringi dengan tampilannya yang segar pertanda kulit tersebut sehat.

9. Belimbing Wuluh untuk Masker
Selain untuk luluran, belimbing wuluh juga baik untuk dijadikan masker wajah yang dapat mengatasi berbagai macam maslah pada kulit Anda terutama kulit pada wajah.

Belimbing wuluh yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin A selain dapat mencerahkan kulit wajah. Dan dapat pula menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dan penyebab wajah terlihat lebih tua.

10. Belimbing Wuluh untuk Obat Panu
Penyakit kulit yang disebakan oleh jamur yang bernama panu adalah penyakit yang membuat penderita menjadi tidak percaya diri, bagian yang diserang itupun daerah yang langsung kelihatan darri luar karena ia akan tumbuh pada bagian tangan, wajah, leher, dan bagian sensitif di seluruh tubuh.

Panu sebagai penyakit kulit memang tidak terasa sakit, tetapi penyakit ini dapat menular dengan cepat dari area satu kulit ke area lainnya.

Pengoabtan panu dengan belimbing wuluh adalah dengan cara belimbing wuluh itu diparut, dan ditempelkan pada area tubuh yang terkena penyakit panu tersebut. Gunakan rutin setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan khasiat belimbing wuluh yang baik.

11. Belimbing Wuluh Obat Rematik
Penyakit rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa nyeri dan ngilu pada bagian tulang dan hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas dan gerak tubuh Anda.

Cara mengobati penyakit rematik dengan belimbing wuluh adalah dengan cara cuci bersih daun belimbing wuluh dan tumbuk hingga menjadi halus. Ditambahkan kapur sirih dan setelah dicampurkan kedua bahan tadi lalu oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri ( rematik ) tersebut.

12. Belimbing Wuluh Obat Gondongan
Gondongan merupan penyakit yang membuat kelenjar penghasil air liur alias parotid mengalami pembesaran. mengapa seseorang menderita gondongan ? Faktor penyebab utama karena infeksi virus bernama paramyxovirus.

Gondongan sering menyerang usia kanak-kanak, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa berpeluang ikut merasakannya. Kelenjar ludah berposisi tepat di telinga samping wajah, sehingga tidak heran penderita gondongan terlihat bagian wajahnya cenderung besar sebelah.

Rasa panas dan nyeri leher termasuk rangkaian dari kehadiran gondongan ini dalam tubuh. Adapun gejala-gejala seperti mulut kering, badan letih, nyeri sendi, sakit kepala, selera makan menurun, demam tinggi ditambah sukar menelan terjadi baik sebelum bahkan sesudah meradang.

Bagaiman mengobati gondongan dengan belimbing wuluh ?

Langkah Pengobatan:

Gunakan daun belimbing wuluh dan bawang putih. Cuci bersih kedua bahan. Tumbuk halus, kompreskan ke leher atau pipi yang terdapat gondongan.

Demikianlah artikel mengenai Khasiat Belimbing Wuluh / Belimbing Asam untuk Kesehatan, semoga bermanfaat ya teman-teman.
Advertisement

Tulis Komentar