10 Khasiat dan Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

10 Khasiat dan Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai pengobatan adalah trend masa kini yang sebenarnya sudah sejak dahulu ada dan dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga dari berbagai macam tumbuhan dan buah-buahan memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan seseorang.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan (Imun) Tubuh
Memiliki sistem imun yang kuat dapat mencegah diri dari munculnya penyakit yang sering datang pada setiap orang, seperti penyakit batuk, flum pilek dan sakit tenggorokan sampai pada penyakit yang cukup parah ialah bronkitis. Dalam buah nanas terdapat yang namanya kandungan bromelain, kandungan ini berguna untuk pencegah kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain memiliki potensi untuk bertindak sebagai agen pertarungan kanker yang efektif. Secara khusus, ini mungkin bekerja bersamaan dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Ini juga mengandung beta karoten, yang bisa melindungi dari kanker prostat dan kemungkinan kanker usus besar. Sejauh pengobatan berlanjut, Pusat Nasional untuk Pengobatan Gratis dan Integratif mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih faktual.

2. Banyak Mengandung Vitamin C
Vitamin C dalam jus nanas juga dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Sejumlah penelitian - termasuk satu dari Finlandia dan satu lagi dari China - menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, seperti kanker, risiko penyakit jantung berkurang dengan diet serat tinggi.

3. Pencegahan Katarak
Vitamin C juga berperan penting dalam melindungi penglihatan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi mengurangi risiko katarak, yaitu kekhasan lensa yang bisa mengganggu penglihatan. Penulis bahkan menyarankan agar digunakan sebagai metode pencegahan utama.

4. Meningkatkan Kesuburan
Jus nanas mengandung beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat, termasuk vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Banyak di antaranya dapat membantu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

5. Pencegahan Penyakit Asma
Nanas juga merupakan sumber beta karoten yang baik, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama pencernaan. Sementara penelitian masih dalam tahap awal, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beta karoten dapat mengurangi risiko asma akibat olahraga.

6. Pengobatan Osteoartritis
Karena sifat anti-inflamasi bromelain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas bermanfaat untuk pengobatan osteoarthritis.

Osteoartritis merupakan keadaan saat sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Pada kondisi sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup bagian ujung tulang penyusun sendi.

7. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat besar lain untuk minum jus nanas adalah kandungan mangannya. Sebagian besar penduduk kekurangan mangan. Ini adalah nutrisi penting yang melawan penuaan dan penyakit dengan melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan keduanya.

8. Menyehatkan Pencernaan dan Menghindari Kembung
Jus nanas bisa membantu pencernaan, mengurangi kembung dan sembelit. Bromelain juga ikut bermain di sini. Dengan memecah protein lebih cepat, ini bisa membantu mempercepat pencernaan, mengurangi kembung dan sembelit dalam prosesnya.

9. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan Mangan dalam nenas memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan dapat menyembuhkan kesehatan tulang.

Nenas adalah salah satu buahan banyak  mengandung enzim Bromelain. Enzim ini berguna untuk mengobati beberapa penyakit, baik untuk penyembuhan dan mengurangi tingkat peradangan.

10. Menutrisi Kulit
Nenas dapat diolah dengan berbagai macam jenis makanan dan juga untuk minuman yang rasanya manis dan enak. Jus nenas juga mengandung vitamin dan asam askorbat. Nenas mengandung Array yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kulit. Salah satu kandungan vitamin C dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi jus nenas ini.

Selain penggunaan yang dibahas di atas, bromelain bahkan telah digunakan di masa lalu untuk membantu mengobati gejala kondisi usus seperti kolitis ulserativa, yang berpotensi mengurangi pembengkakan dan bahkan bisul.

Jus nanas bisa digunakan dalam berbagai resep yang sesuai dengan diet seimbang. Anda tidak perlu meminumnya saja. Contohnya meliputi:

Smoothie buah campuran menggunakan jus sebagai pelunak daging atau bagian dari rendaman
sebagai bahan utama saus di piring. Bahkan dengan semua jus alami, tanpa gula, Anda tetap ingin memoderatori asupan jus Anda. Hal ini sebagian besar karena sementara jus nanas pasti memiliki beberapa manfaat kesehatan yang fantastis, gula tinggi. Minum beberapa memberi Anda manfaatnya, sambil minum terlalu banyak bisa membebani Anda dengan gula dan kalori. Satu gelas jus nanas 8 ons mengandung sekitar 24 gram gula dan 132 kalori! Untuk keseimbangan nutrisi, gula, dan kalori terbaik, pilih keseluruhan buah di atas jus.

Moderasi penting untuk diet sehat dan seimbang. Mengisi satu makanan berarti Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang diperlukan untuk makan berbagai makanan sehat.
Advertisement
Loading...

1 komentar:

avatar

Ternyata manfaatnya banyak banget ya bagi tubuh, tapi saya malah gak begitu suka sama nanas. Mulut kayak gatal gitu deh

Tulis Komentar