Apa yang Mau Disombongkan dalam Hidup ?

Kesombongan adalah sikap yang harus kita hindari dalm hidup ini, karena apa yang mau kita sombongkan ? semua yang ada dalam diri kita adalah titipan dan namanya titipan, suatu saat pasti akan diambil kembali oleh yang menitipkan. Seperti saat kita sombong karena harta, terjadi suatu bencana dan menyebabkan harta kita habis, berarti sang empunya telah mengambil kembali titipannya kepada kita.
Apa yang Mau di Sombongkan dalam Hidup ?
Jabatan yang dimiliki yang mau kita sombongkan ? suatu hari jabatan itu juga akan kita tinggalkan, selama-lamanya orang menjabat sebatas sampai ia pensiun. Kecantikan dan ketampanan yang mau kita sombongkan, ketika usia tua datang, kecantikan dan ketampanan itupun sirna.

Maka oleh sebab itu, karena semua yang kita miliki adalah titipan kita semestinya tidak perlu menyombongkan diri ini. Bahkan nyawa dalam tubuh inipun akan kembali diambil oleh sang Maha Kuasa. Ketika ajal datang kita tak mampu lagi berbuat apa-apa, bbahkan untuk mandi saja kita akan dimandikan oleh orang lain.

Apakah masih pantas kita menyombongkan diri ? kalau diri ini saja adalah titipan yang kelak akan pergi untuk selama-lamanya. Lantas apakah yang harus kita lakukan, agar tidak memiliki sikap sombomg dalam diri ini, setidaknya inilah beberapa hal yang musti kita lakukan :

1. Menyadari bahwa semua yang kita miliki adalah titipan
Dengan kita sadar bahwa sesuatu yang kita miliki adalah titipan, maka kesombongan tidak mungkin ada dalam diri kita, seperti tukang parkir yang menajaga berbagai jenis kendaraan mewah, namun ia tidak pernah sombong dengan adanya kendaraan tersebut, kenapa ? karena ia menyadari bahwa semua itu adalah titipan dan akan kembali diambil oleh orang yang memilikinya.

2. Menyadari bahwa hidup tidak selamanya
Apakah kita pernah berpikir bahwa suatu saat kita akan meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Saat kita menyombongkan diri, berarti kita telah melupakan bahwa suatu hari kita akan mati. Untuk itulah setiap hari kita musti merenungkan diri bahwa hidup tidak untuk selamanya.

Dengan melakukkan dan menyadari akan dua hal tersebut, kita akan terhindar dari yang namanya kesombongan dan memunculkan sikap rendah hati dalam diri ini, selalu berbuat kebaikan dan menghindari semua yang tidak baik.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, hidup sementara tidak ada yang pantas untuk kita sombongkan. Terimakasih telah membaca tulisan sederhana ini, baca juga : Berapa gajimu ? masih berani meninggalkan Shalat.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.