Sejarah, Pengertian dan Perkembangan Internet

Sejarah, Pengertian Dan Perkembangan Internet
Pengertian Internet

Internet merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu " Inter " yang berarti " antara " sedangkan menurut wikipedia internet merupakan singkatan dari kata interconection networking yang berarti sistem jaringan yang akan menghubungkan setiap komputer maupun semua perangkay yang kompatibel dengan kjaringan internet tersebut.

Sejarah Internet

Internet mulai dikenal pada awalnya bermula dari sebuah proyek ARPA pada tahun 1969 di Negara Amerika Serikat, pada sistem ARPA tersebut juga mengenal sistem ARPANET menunjukkan sistem dan sofware yang berbasis UNIX, sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan jarak jauh.

Dengan perkembangan proyek tersebut maka Cikal TCP/IP yang sampai hari ini kita gunakan menunjukkan perkembangan yang signifikasn, internet pada awalnya dipergunakan untuk kepentingan dan kebutuhan militer, namun seiring berjalannya waktu maka manfaat dari internet juga meluas sampai kepada kepentingan pendidikan dan umum.

Pada tahuh 1971, anggota jaringan ARPANET mulai mengembangkan internet untuk kepentingan pemerintah dan pendidikan, sehingga internet mulai berkembang menjadi dua kepentingan yaitu kepentingan Militer dan Non Militer.

Pada tahun 1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) ini merupakan cara mereka dalam meningkatkan teknologi jaringan komputer serta membuat dasar-dasar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang sampai hari ini dikenal dengan "Bapak Internet".

Awal tahun 1980 mulailah komputer-komputer pribadi banyak mulai dipergunakan oleh manusia, Sehingga anggota ARPANET menjadi semakin bertambah dan berkembang, sehingga mulailah mengembangkan dunia internet.

Pada Tahun 1990an perkembangan ARPANET mulai menunjukkan arah kepada browser ketika tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu World Wide Web, atau yang kita kenal hari ini dengan www.

Pada Tahun berikutnya hingga awal tahun 1994 bermunculanlah situs-situs Internet sehingga perkembangan dunia juga semakin cepat, baik dar segi bisnis maupun informasi.

Demikianlah ulasan tentang Sejarah dan pengertian Internet yang kita gunakan untuk browsing atau sekedar untuk chatting sampai hari ini. Baca juga : Sejarah Tahun Baru Masehi
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!