Tiga Perkara Pengantar Jenazah ke Kuburan

Setelah terjadinya kematian maka mayat akan diselenggarakan oleh keluarga dan warga kaum muslimin, maka berakhirlah kehidupan seorang anak manusia didunia yang hanya bersifat sementara ini. Maka akan segera dimulai babak baru kehidupan manusia.
pengantar jenazah ke kuburan
Jenazah manusia yang telah meninggal, dimandikan, dikafani, dishalatkan, dan diantarkan ke kubur. Maka ketika mengantarkan jenazah kekuburan ada tiga perkara yang akan mengantarkan kita, yang mana tiga perkara tersebut, dua akan kembali dan satu yang menemani kita hingga hari kiamat datang.

Tiga perkara yang akan mengantarkan jenazah kekuburan itu adalah sebagaimana dijelaskan oleh sabda Rasulullah SAW :

" Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: Mayit diikuti oleh tiga hal, yang dua kembali dan yang satu menetap. Ia diikuti keluarga, harta dan amalnya, keluarga dan hartanya akan kembali sedangkan amalnya menetap  (bersamanya) " (Shahih Muslim 2960-5)

1.Jenazah Diantar Keluarga
Seamsa hidup tentunya manusia memiliki kelurga, terutama orang tua, sanak saudara, dan juga tetangga. Maka tatkala telah meninggal dunia, kita diantar oleh keluarga dengan tangisan kesedihan, karena rasa kehilangan ditinggal orang yang disayang.

Namun keluarga yang kita cintai, dan mereka juga mencintai kita, sekuat apapun rasa cinta itu. Saat jenazah telah dikebumikan dan ditimbun dengan tanah kuburan, semua akan kembali kerumah dan tidak akan meungkin mau menemani kita dialam kubur.

2. Jenazah Diantar Harta 
Ketika jenazah diantar kekubur harta juga ikut mengiringinya, mobil yang mewah hanya parkir diluar pemakaman, kain penutup keranda dan bahkan kain penutup jenazah yang dibeli oleh jenazah ketika maih hidup juga tak rela ditinggalkan bersama jenazah didalam kubur.

Jenazah dikubur hanya menggunakan kain putih 3 lapis untuk laki-laki atau 5 lapis untuk perempuan hanya itu yang ikut bersama kita dialam kubur, itupun karena syari'at Agama memerintahkan untuk melakukan itu.

Selebihnya harta yang kita cari siang dan malam, peras keringat banting tulang, ternyata tak bisa menemani kita dialam kubur, apalgi untuk menyelamatkan kita dialam kubur.

3. Jenazah Diantar Amal
Amal selama hidup kita kerjakan, inilah teman kita sesungguhnya yang setia mengikuti kita, bahkan ketika kita telah dikubur kedalam tanah kembali keasal penciptaan kita, namun ingat amal yang menemani kita itu tidak hanya amal baik namun juga amal buruk.

Maka kecelakaan bagi kita tatkala yang menemani kita itu adalah amal buruk, siksa dan pedihnya azab kubur akan kita terima. Namun sebaliknya kegembiraan yang besarlah bagi kita yang melakukan amal kebaikan selama hidup didunia, karena amal baik akan menemani kita dengan saegala macam kenikmatan dan keselamatan dari sakitnya azab kubur.

Itulah tiga perkara yang akan mengantarkan jenazah ke kubur, maka sudahkah kita persiapkan teman yang baik yang setia menemani kita di alam kubur ? tentunya amal baiklah yang mampu menyelamtkan kita, bukan kelurga maupun harta benda yang telah kita wariskan kepada keluarga kita yang tinggal, WALLAHU A'LAM.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.