Enam Langkah Mudah, Terhindar dari Keracunan Makanan

- 21.13
Makan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, sehingga ketika tidak makan dalam waktu tertentu bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit, kekurangan energi dan sebagainya. Namun terkadang kita mengalami sakit perut akibat keracunan makanan yang kita konsumsi setiap harinya.
Enam Langkah Mudah, Terhindar Dari Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah suatu kondisi yang terasa setelah mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminsai oleh bakteri, virus maupun varasit. Terkontaminasinya makanan terhadap racun tersebut terjadi saat diproses ataupun saat memasaknya yang tidak benar.

Kontaminasi yang umumnya terjadi pada kasus keracunan makanan disebabkan oleh:

Bakteri, contohnya Campylobacter, salmonella, Escherichia coli (E. coli), Listeria, dan Shigella.
Virus, contohnya norovirus dan rotavirus.
Parasit, contohnya cryptosporidium, Entamoeba histolytica, dan giardia.

Untuk segera mencegah dari keracunan makanan tersebut kita dapat melakukannya dengan langkah berikut ini :
  • Cuci tangan sebelum makan
Setiap hari tangan kita selalu beraktivitas menyentuh sesuatu yang terkena disana terdapat bakteri yang menyebabkan keracunan saat mengkonsumsi makanan, untuk itulah mencuci tangan sebelum makanan adalah hal yang wajib dilakukan, agar terhindar dari keracunan makanan.
  • Cuci wadah bekas makanan mentah
Cuci wadah sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, terutama setelah mereka telah tersentuh oleh daging mentah, termasuk unggas, telur mentah, ikan dan sayuran.
  • Gunakan pemotong makanan terpisah
Gunakan papan memotong terpisah untuk makanan mentah dan makanan siap makan. Bahan makanan yang dapat mengandung bakteri berbahaya yang menyebar dengan sangat mudah untuk apapun yang  tersentuh, termasuk makanan lain.
  • Jauhkan daging mentah terpisah
Ini terutama penting untuk menjaga daging mentah dari makanan siap saji, seperti salad, buah dan roti. Hal ini karena makanan ini tidak akan dimakan sebelum kita memasaknya, sehingga bakteri yang terdapat pada daging mentah tidak terkontaminasi dengan makanan siap saji.

  • Menyimpan daging mentah di rak bawah kulkas
Selalu menutupi daging mentah dan menyimpannya di rak bawah lemari es, di mana ia tidak bisa menyentuh makanan lain atau menetes ke makanan lain.
  • Masak makanan secara menyeluruh
Masak makanan secara menyeluruh dan memeriksa bahwa makanan yang kita masak sampai betul-betul matang, dengan tidak ada daging merah muda di dalam. 

Jangan mencuci daging mentah termasuk ayam, sangat disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu sampai diyakini bakteri yang ada betul-betul telah mati. Barulah setelah itu jika mau dicuci bersih kembali lakukan setelah rebusan tadi selesai.

Demikianlah artikel tentang " Enam Langkah Mudah, Terhindar Dari Keracunan Makanan ", semoga bermanfaat.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search