3 Amalan Sunnah Hari Jum'at

Yaumul Jum'ah merupakan hari terbaik dalam Agama Islam, maka ada suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh kaum laki-laki yang telah baligh dan berakal, yakni kewajiban melaksanakan shalat jum'at, yang apabila ditinggalkan tanpa adanya uzur dan halangan karena sakit ataupun Musafir maka kita berdosa.
3 Amalan Sunnah Hari Jum'at
Maka diperintahkan kepada umat Islam laki-laki untuk melaksanakan shalat jum'at sebagaimana firman Allah SWT :

 “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[a]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10)

Itulah mengapa kita sebagai kaum Adam tidak boleh meninggalkan shalat jum'at tanpa ada sebab dan alasan yang membolehkan kita untuk meninggalkan shalat jum'at tersebut. Namun selain kewajiban bagi lakilaki pada hari jum'at tersebut adapula sunnah-sunnah yang kita kerjakan pada hari jum'at akan mendatangkan pahala dan kebaikan karena Allah SWT.

Diantara sunnah-sunnah yang sangat dianjurkan pada hari jum'at itu adalah :

1. Perbanyak Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Sabda Rasul :

Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

2. Memperbanyak Membaca Zikir dalam Rangka Memperbanyak Mengingat Allah Berfirman :

Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah (…” (QS. Al Jumu’ah: 9)

3. Membaca Surah Al-Kahfi
Dalam masyarakat kita sering mendengar orang mengamalkan membaca surah Yasiin, namun sebenarnya yang dianjurkan dan disunnahkan kepada kita adalah membaca surah Al-Kahfi, sebagaimana firman Allah :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah 3 amalan sunnah yang paling utama dilaksanakan pada hari jum'at semoga kita sebnantiasa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.