Jangan Sewa Domain kepada Reseller

Memiliki domain tld, seperti .com, .net, .co.id dan lain sebagainya merupakan pilihan bagi seorang blogger, dimata blogger domain berbayar terkesan lebih serius orang tersebut mengelola sebuah blog. Meskipun yang gratisan banyak juga yang serius dalam mengelola blog, tetapi memiliki domain tersendiri juga merupakan suatu kebanggaan bagi para blogger.
Jangan Sewa Domain Kepada Reseller
Namun bagi sobat yang baru saja memulai untuk  menggunakan domain tld ber-eksensi apa saja, perlu memperhatikan bahwa jangan mudah tergiur dengan domain-domain murah dibawah pasaran yang ditawarkan oleh para reseller.

Saya tidak menyalahkan reseller, namun perlu menjadi perhatian bagi sobat semua terkait menyewa domain via reseller. Alangkah baiknya sewa langsung domain ke perusahaan penyedia layanan tersebut.

Mengapa demikian ? karena pengalaman saya pernah menyewa domain kepada reseller, dengan harga dibawah standar dan terbilang sangat murah dibandingkan dengan menyewa domain langsung ke perusahaan apalagi domain populer ek-sestensi dot com.

Ketika saya chatting dengan salah seorang reseller, yang saya ketahui melalui Fb, karena dia sering promosi mengenai domain yang murah, akhirnya saya tergiur dan mencoba untuk menyewa melalui jasanya untuk menyewa domain tersebut.

Pada akhir percakapan saya bertanya, apakah domain ini nantinya bisa diperpanjang ? jawabannya bisa dengan selisih harga yang juga masih dibawah pasaran. Seiring berjalannya waktu domain yang saya sewa kepada reseller tersebut juga mengalami perkembangan yang cukup bagus, 5 bulan menjelang expired saya bertanya kepada " apakah domain saya bisa ditransfer kepenyedia layanan di Indonesia. 

Ternyata apa yang saya khawatirkan terjadi juga, reseller menjawab tidak bisa, lantas saya coba minta diperpanjang, jawabannya dengan gampangnya seller kabur.

Slow respon ditambah dengan jawaban tidak memuaskan dari reseller tersebut membuat saya jadi malas untuk berkomunikasi, namun saya cari informasi bagaimana agar domain yang saya kelola bisa saya transfer, ternyata dalam transfer domain dibutuhkan beberapa settingan dan ada kode yang harus dimasukkan.

Karena saya tidak punya akses penuh terhadap domain tersebut, maka saya coba lagi menghubungi si reseller, namun saya tidak mendadpatkan jawaban yang memuaskan, hingga akhirnya domain yang sudah susah payah saya kelola, harus saya relakan expired.

Itulah mengapa saya sangat menyesal, mengapa saya terlalu tergiur dengan harga murah, namun pada akhirnya kecewa, maka bagi sobat yang kebetulan mencari domain baru, sobat tidak perlu menyewanya melalui perantara kecuali jika sobat sudah mengenal orang tersebut cukup baik.

sewalah domain di penyedia layanan secara resmi, agar jika terjadi sesuatu dengan domain sobat, bisa secepatnya diselesaikan oleh pihak penyedia layanan, terutama jika sobat  kurang bisa berbahasa inggris, maka pilihlah penyedia lokal saja.

Domaim yang saya sewa diatas, sewa dengan reseller dan resellernya menyewa di penyedia luar negeri, telah berbagai usaha saya lakukan untuk berkonsultasi dengan pihak penyedia, namun saya tidak mendapatkan solusinya.

Sekian saja postingan saya ini, semoga bermanfaat. 

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.