Antara Azan dan Iqamah Waktu Mustajab untuk Berdo'a

- 08.39
Do'a adalah senjata mukmin ( Orang Beriman ), sehingga setiap saat diwaktu yang baik maka kita sangat dianjurkan untuk berdo'a, Allah Maha Pemberi, ia akan memberikan apa yang dibutuhkan oleh seorang hamba, namun ingat setiap do'a belum tentu terkabul karena itu hak Allah untuk mengabulkan atau mengabaikan do'a seorang hamba.

Banyak faktor yang menyebabkan do'a seseorang itu belum terkabul atau bahkan tidak akan terkabul, salah satunya adalah karena banyaknya dosa yang kita lakukan, selalu meminta namun tidak memenuhi kewajiban dan cenderung melakukan dosa, bagaimana mungkin Yang menerima do'a berkenan mengabulkannya.

Kita tidak pernah tahu apakah do'a yang kita lantunkan setiap hari akan diterima serta dikabulkan oleh Allah atupun tidak, namun setidaknya kita tidak pernah bosan dalam meminta dan berharap kepada Allah SWT, sebagaimana Allah SWT tidak pernah bosan mendengar do'a dan keluhan kita. Firman Allah SWT : " Berdoalah (mintalah) kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu ”. (QS. Al-Mukmin : 60 ).

Memilih waktu yang tepat dalam berdo'a merupakan suatu hal yang perlu menjadi perhatian bagi kita, karena dalam Islam ada waktu-waktu tertentu yang menjadi waktu terbaik ( Mustajab ) untuk berdo'a, ini berarti diwaktu mustajab adalah waktu dimana do'a itu akan cepat diperkenankan oleh Allah SWT.

Rasulullah sebagai pembawa Risalah mengajarkan kepada umatnya untuk memilih waktu yang tepat untuk berdo'a itu, salah satu waktu terbaik untuk berdo'a itu adalah waktu diantara azan dan iqamah. Barangkali selama ini kita tidak meyadari dan tidak mengetahui bahwa waktu diantara azan dan iqamah itu merupakan waktu mustajab untuk kita berdo'a.

Waktu antara azan dan iqamah setelah selesai kita melaksanakan shalat sunnah Qabliyah ( Shalat sunnah yang mengiringi shalat wajib ). Waktu mustajab untuk kita melantunkan do'a dari setiap harapan kita dan mintalah apa yang kita butuhkan karena ini anjuran Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya sebagai berikut :

“ Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara azan dan iqamah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad 3/155. )

Untuk itulah mari kita biasakan diri kita untuk memilih-memilih waktu terbaik untuk berdo'a itu, agar Allah segera perkenankan permintaan kita, namun kembali diingat bahwa meskipun ini waktu terbaik akan tetapi semua kembali kepada Allah, apakah do'a kita akan dikabulkan ataupun tidak. WALLAHU A'LAM.

Baca Juga : Do'a Agar cepat Dapat Keturunan

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search