Tips Memilih Liburan Anak yang Mendidik


Horee…Liburan sekolah telah tiba, saatnya berlibur asyiik pergi ketempat-tempat yang mengasyikkan dan penuh dengan permainan, begitulah kegembiraan anak-anak saat masa liburan telah tiba betapa gembiranya mereka.
Tips Memilih Liburan Anak Yang Mendidik

Namun satu hal yang menjadi kekhawatiran kita selaku orang tua, saat anak libur dan meninggalkan kegiatan belajar yang rutin mereka geluti setiap hari semasa mereka sekolah, kekhawatiran ini juga akibat, munculnya rasa malas sang anak untuk membuka buku pelajaran untuk mengulangi kembali pelajaran mereka.

Sebenarnya kita bisa memilih liburan untuk sang anak, liburan yang tidak membosankan namun mereka tetap belajar tanpa mereka sadari, maka sebagai orang tua ada baiknya kita memilih kegiatan berlibur anak-anak kita, dengan pilihan mengunjungi tempat berlibur mereka yang menyenangkan sekaligus mendidik. Diantara tempat liburan itu adalah :

1. Berlibur Ke Museum

Museum biasanya berisi tentang benda-benda bersejarah ataupun benda-benda yang sangat penting untuk anak-anak kita ketahui, maka memilih tempat liburan museum merupakan pilihan yang tepat agar anak kita tetap berlibur namun mendapatkan pelajaran berharga dari liburannya.

Mereka lebih mengetahui, tentang sejarah yang ada didalam museum itu, dengan mengunjungi museum berbagai informasi akan mereka dapatkan disana, dan tanpa mereka sadari mereka telah berlibur namun tetap menjalankan proses belajar.

2. Berlibur Ke Kebun Binatang

Tempat liburan yang satu ini juga asyik dan menyenangkan, namun penuh dengan pengetahuan didalamnya, ini merupakan proses belajar dialam secara langsung oleh sang anak, karena mereka lebih mengenal hewan-hewan yang biasanya hanya mereka ketahui dari gambar yang ada dalam buku pelajaran mereka.

Memilih kebun binatang sebagai tempat berlibur juga menjadikan anak lebih luas pengetahuannya, karena mereka akan selalu mendapatkan pengetahuan baru, dari memperhatikan hewan tersebut.

3. Berlibur tetap membawa buku 

Buku yang dibawa untuk sang anak, tidak musti buku pelajaran sekolah saja, namun bisa juga buku yang berisi tentang pengalaman, cerita, dan tantangan dialam, sehingga perihal ini akan membuat anak semakin menyenangkan menjalani liburannya.

Dengan gemar membaca, apalagi membaca pengetahuan baru, maka akan semakin membuat anak memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga kekhawatiran kita akan tidak belajarnya sang anak saat libur menjadi hilang. 

4. Berlibur ketempat-tempat Bersejarah.

Pilihan utntuk mengajak anak berlibur ditempat bersejarah akan membuka cakrawala pengetahuan anak, sehingga yang awalnya belum mereka ketahui, menjadi pengetahuan  baru bagi mereka. 

5. Setelah selesai atau ketika  telah datang kembali kerumah setelah liburan, usahakan membiasakan anak membuatkan cerita liburan dalam sebuah tulisan, sehingga ini menjadikan tantangan baru bagi sang anak, mereka tetap belajar meskipun dalam masa-masa liburan.

Jika sang anak tidak mau menuliskan, bisa jadi karena mereka kecape'an maka bisa kita minta ia bercerita tentang liburan yang telah ia jalani, sehingga kita membuat anak belajar menulis cerita maupun belajar menceritakan langsung pengalamannya, meskipun libur dan tidak datang ke sekolah.

Itulah 5 tips memilih liburan menyenangkan dan juga mendidik bagi sang anak.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form