Pentingkah Merayakan Hari Ulang Tahun ?

Selamat Ulang tahun, kata yang sering terucap saat hari kelahiran seseorang datang pada tahun-tahun berikutnya, sepintas kita mengetahui bahwa bertambah usia kita, orang sekitar mendo'akan semoga kita panjang umur.
Pentingkah Merayakan Hari Ulang Tahun ?

Namun perlu disadari saat bertambah usia, berarti telah berkurang pula jatah hidup kita didunia ini, semakin bertambha usia semakin dekat kita kepada kematian, hal ini yang terkadang luput dari renungan kita.

Berbagai acara digelar saat seseorang memasuki hari ulang tahunnya, ada yang menghabiskan dana yang tidak sedikit hanya untuk memperingati hari kelahiran. pertanyaannya adalah seberapa pentingkah hari kelahiran diperingati ?

Untuk menjawab itu semua mari kita renungkah hal-hal berikut :

1. Setiap manusia memiliki hari kelahiran, jika penting itu diperingati, manfaatnya apa ? apakah memberi manfaat yang lebih dari peringatan itu ?
2. Jika tidak diperingati kerugiannya apa ?
3. Adakah anjuran untuk memperingati hari ulang tahun ?
4. Apa bentuk kegiatan saat memperingati hari kelahiran ( Ulang tahun ) itu ?
5. Sudahkah mengambil pelajaran dari bertambahnya usia ?

Dari beberapa pertanyaan diatas, diri kita masing-masing tentu mempunyai jawabannya, jika dikelompokkan maka peringatan hari ulang tahun itu adalah sebagai berikut :

1. Hari ulang tahun diperingati dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Banyak kita saksikan terutama para Remaja dalam menyambut dan memperingati hari kelahirannya, dengan melakukan kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat, misalnya dengan melemparkan telor busuk kepada yang berulang tahun, mengerjai yang ulang tahun dengan perihal menyakitkan, membuat rencana yang merugikan yang ulang tahun dan berbagai bentuk kegiatan yang tidak bermanfaat sama sekali.

2. Hari ulang tahun diperingati dengan Selamatan.

Sebagian dari kita mengadakan peringatan ulang tahun dengan mengadakan selamatan atau peringatan hari ulang tahun dengan mengundang teman-teman untuk hadir dalam acara ulang tahun kita.

Barangkali dengan peringatan ini, yang berulang tahun berharap teman-teman yang hadir mendoa'akan kebaikan untuk kita, karena kita tidak mengetahui dari sebanyak undangan yang hadir bisa saja do'a dari teman-teman kita yang dikabulkan.

3. Hari ulang tahun dijadikan sebagai Renungan

Setiap hari kita terkadang tidak terlepas dari kesalahan, tangan salah mengambil yang bukan hak kita, mulut yang salah bicara menyakiti hati teman-teman, perbuatan dan sikap yang melukai perasaan orang lain, kaki yang salah melangkah.

Saat datangnya hari kelahiran kita, mari jadikan renungan seberapa besar dan banyaknya kesalahan yang telah dilakukan selama ini, sehingga dengan demikian kita bisa introspeksi diri, untuk menjalani kehidupan kedepannya lebih baik dan bermafaat baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang disekitar kita.

Dari ketiga hal tersebut diatas, maka perlu kiranya kita ambil pelajaran, bahwa setiap hari kelahiran kita, dirayakan ataupun tidak, yang pasti bertambah umur, berkurang jatah hidup, lakukanlah selalu hal-hal yang bermanfaat hindari peringatan yang mubazir dan tidak ada manfaatnya.

Demikianlah artikel singakt ini, semoga menambah ilmu dan wawasan bagi kita bersama.
Baca Juga : Sikap Saat Marah Pada Anak

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.