Obat Galau Menurut Ajaran Islam

Dalam menempuh perjalanan hidup ini, terkadang seseorang mengalami kegoncangan bathin atau istilah anak jaman sekarang " Galau ", hati gelisah, tidak tenang, makan tak enak, tidur tak nyenyak, tanpa sebab yang jelas. Atau dengan penyebab kecil saja menjadikan kegoncangan hati yang sangat besar.
Obat Galau Menurut Ajaran Islam

Obat Galau Menurut Ajaran Islam

Apa penyebabnya sehingga terjadi seperti itu dan apa ada solusinya dalam Islam ? Sebab dari segala sebab yang paling dominan adalah karena hati kosong dari Nur Ilahi yang disebut dengn Iman. Hati lebih mencintai harta, memikirkan dunia, sehingga lupa menginfakkan sebagian harta rezeki dari Allah itu, Cinta dunia yang menyebabkan lupa kepada yang menciptakan dunia.

Selain hal diatas kita tentunya juga mengetahui beberapa penyebab galau yang kita alami itu.

Maka Allah menawarkan obatnya kepada kita yaitu sebagai berikut :

1. Mendirikan Shalat secara kontiniu

Firman Allah dalam surah Al-ma;arij ayat 22-23

" Kecuali orang-orang yang mendirikan shalat, yang mereka tetap ( kontiniu ) melaksanakan shalatnya " ( QS. Al-Ma'arij )

Shalat merupakan sarana penghubung antara Manusia dengan Allah SWT, baik diwaktu suka maupun duka. Segala problema hidup dapat dikonsultasikan kepada Allah SWT, pada waktu shalat. Jangan dikira dalam shalat seseorang dilarang memohon untuk kepentingan duniawi.

Coba simak bacaan dalam shalat itu ketika duduk antara dua sujud semua isinya permohonan masalah dunia. Dengan demikian kalau manusia membutuhkan rezeki tidak perlu pergi ketempat yang dianggap keramat, sakti dan lain sebagainya. Laksanakan shalat dengan baik dan khusu', setelah itu berusahalah untuk duniamu.

Shalat adalah bagian dari zikir kita kepada sang Khalik, galau yang kita rasakan, persoalan hidup yang sulit, mengadulah kepada Sang Pemberi kehidupan.

2. Menginfakkan Sebagian Harta

Firman Allah : " Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian orang-orang tertentu. Bagi orang yang meminta ( miskin ) dan orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa, ( yang tidak mau meminta-minta ) ( QS. Al-Ma'arij 24-25 )

Dengan saling berbagi kita akan merasakan ketenangan hidup, dan berbahagia melihat orang-orang miskin bahagia, jika tidak demikian, galau akan menghinggapi diri kita karena orang pelit mengakibatkan penyakit bathin mudah datang terutama penyakit resah dan gelisah hati tak tenang alias galau.

3. Membaca Al-Qur'an

" Dan Kami telah turunkan dari Al-Quran sesuatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS al-Isrâ’/17: 82)

Ayat diatas menjelaskan bagi kita bahwa Al-Qur'an sebagai salah satu obat penyakit hati ( galau ) maka senantiasalah membaca Al-Qur'an agar hidup semakin tentram, jangan meninggalkan bacaan Qur'an, karena ayat pertama turun saja memerintahkan agar kita senantiasa membaca Al-Qur'an.

Jangan membaca Al-Qur'an saat waktu luang, akan tetapi luangkanlah waktumu untuk membaca Al-Qur'an semoga dengan demikian, galaumu akan segera hilang dan hidup akan menjadi tenteram.

Demikianlah postngan saya mengenai Obat Galau Menurut Ajaran Islam, semoga bermanfaat dan menjadi obat bagi saudara yang lagi galau.

Baca Juga ya : Keistimewaan orang yang beriman dan berilmu

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.