Inilah Bahaya Makan Mie Instan Campur Nasi

Makanan pokok orang Indonesia sebagian besar adalah nasi, bagi sebagian yang lain makan sagu atau jagung, untuk yang biasa makan nasi, tentunya belum terasa kenyang jika belum makan nasi.
Inilah Bahaya Makan Mie Instan Campur Nasi

Bahkan cemilan berat sekalipun belum cukup menutupi kebutuhan orang yang biasa makan nasi, namun pada saat tertentu adakalanya harus memilih makanan lain seperti pilihan tercepat adalah mie instan, namanya juga instan tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkan dan menyajikan mie instan.

Mie instan merupakan pilihan karena memang tidak tersedianya makanan pokok yakni nasi tadi, adakalanya juga makan mie instan dicampur nasi, karena disebabkan tidak adanya lauk pauk, atau karena terlalu sibuk sehingga tidak sempat memasak lauk.

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata makan mie instan dicampur nasi itu berbahaya bagi tubuh kita !

Kenapa mie instan campur nasi berbahaya ? karena terdapat double karbohidrat dan kalori, dalam 1 kemasan mie instan terkandung sekitar 400 kalori atau sejumlah sama dengan nasi tambah lauk-pauknya.

Nah...Jika mie instan dicampur dengan nasi maka jumlah kalori yang dikonsumsi oleh tubuh dapat mencapai 700-800 kalori, setara dengan 50 % kebutuhan kalori perhari yang didapat dalam 1 kali makan.

Menggabungkan mie instan dan nasi dapat menghasilkan kerbohidrat yang berlebihan dan meningkatkan gula dalam darah serta meningkatkan resiko diabetes dan juga meningkatkan resiko kegemukan bagi yang doyan makan mie instan ditambah nasi.

Menurut DR.OZ dalam acaranya pada episode bahaya makan mie instan campur nasi, ini akibat makan mie instan dicampur dengan nasi :

1. Over Karbohidrat
Mie dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat sehingga menggabungkan keduanya mengakibatk over karbohidrat dan double karbohidrat, sehingga sangat tidak baik untuk kesehatan kita.

2. Merusak Pankreas
Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat nanti akan membuat rusaknya pankreas, sebab hasil produksi gula diolah menjadi hormon insulin, organ tubuh yang paling banyak berperan adalah pankreas, terlalu banyak konsumsi karbohidrat lambat laun pankreas akan melemah dan mengalami kerusakan.

3. Resiko Diabetes
Kita ketahui bahwa karbohidrat yang berlebihan dalam tubuh mengakibatkan resiko diabetes meningkat, dalam mengkonsumsi mie instan plus nasi akan berakibat tingginya danmeningkatnya resiko terkena serangan diabetes.

4. Resiko Obesitas
Mie instan dan nasi mengandung karbohidrat yang tinggi dapat mengakibatkan resiko kegemukan lebih menigkatkan dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya.

Itulah empat resiko makan mie instan campur nasi, agar hal ini menjadi perhatian kita terutama untuk anak-anak kita yang sangat doyan makan mie instan, karena selain rasanya enak juga cepat. Sehingga orang akan sangat menikmati waktu menyantapnya, disaat terdesak atau ingin cepat saji, maka akan terulang lagi memakan mie campur nasi, sehingga menjadi suatu kebiasaan buruk.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.