Permainan Bambu Gila, Tradisi Masyarakat Ternate

Kebudayaan dan Tradisi adalah hasil warisan leluhur dan nenek moyang pada suatu daerah tertentu, setiap daerah di Indonesia memang memiliki keunikannya tersendiri.
Permainan Bambu Gila, Tradisi Masyarakat Ternate
Dari 34 Provinsi Indonesia, memang memiliki tradisi dan kebudayaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, ada tradisi yang biasa-biasa saja, ada tradisi yang terbilang unik, ada tradisi yang terlihat kejam dan lain sebagainya.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita menghargai setiap perbedaan yang ada di Negeri tercinta ini, salah satu keunikan tradisi itu adalah permainan " Bambu Gila ", Di Provinsi Maluku tepatnya di Ternate.

Permainan bambu gila ini memang terbilang unik dan menggunakan kekuatan mistis, cara permainannya menggunakan bambu yang panjangnya sekitar 2,5 M, kemudian dipeluk oleh tujuh orang pria.

Dikendalikan oleh seorang pawang, dengan ritual membakar kemenyan lalu menghebuskan asap kemenyan kebambu, dengan tujuan untuk memanggil roh para leluhur untuk mendapatkan kekuatan mistis pada bambu tersebut.

Setelah bambu dimasuki oleh kekuatan mistis, maka bambu tersebut bergerak dan memiliki kekuatan yang luar biasa, para pemain akan memeluk dengan erat bambu dan mengendalikan laju gerak bambu yang dikendalikan oleh sang pawang.

Selama permainan sang pawang terus mengendalikan bambu dengan membaca mantra-mantra, dan bambu akan terus bergerak sampai pawang memerintahkan bambu itu berhenti.

Permainan bambu gila ini akan dihentikan, apabila sudah banyak para pemain yang tidak sanggup lagi mengendalikan laju pergerakan dari bambu tersebut.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.