Waw, Mahalnya " Uang Panai " Menikahi Gadis Bugis

- 01.36
Pernikahan adalah sesuatu yang sakral yang harus dilakukan dengan memenuhi syarat dan rukunnya, mahar bukanlah sesuatu yang harus sama antara satu dengan yang lainnya.
Waw, Mahalnya " Uang Panai " Menikahi Gadis Bugis
Ada seseorang yang maharnya mahal berupa emas dan benda berharga lainnya, namun ditempat lain ada juga yang mahar itu sekedarnya saja, yang paling penting memenuhi syarat dan rukun dari sebuah pernikahan.

Namun tahukah anda ? bahwa ada sejumlah seserahan berupa uang yang merupakan kewajiban seorang laki-laki kepada perempuan dalam suku bugis, Makassar. Disebut dengan " Uang Panai ", yaitu sejumlah uang yang diserahkan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita yang akan dipergunakan sebagai keperluan untuk pesta pernikahan, memang uang panai bukan merupakan mahar, melainkan adalah sebagai uang adat yang wajib diserahkan kepada calon mempelai wanita.

Besar jumlah uang panai ini tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak, artinya antara keduanya tidak ada yang merasa keberatan memberikan uang panai tersebut.

Bagi pria masyarakat suku bugis 'uang panai ' bisa menjadi momok yang menakutkan, namun demikian uang panai itu besaran dipengaruhi oleh tingkat srata ekonomi, pendidikan dan maupun strata adat dan budaya.

Dampak negatif dari tingginya uang panai adalah, menjadi uang pamer bagi sekelompok anggota keluarga, karena dengan uang panai juga bisa menjadi penentu kondisi sosial dan ekonomi keluarga tersebut.

Beberapa kriteria yang sangat mempengaruhi jumlah uang panai adalah, starata sosial, kondisi ekonomi, kondisi pendidikan, kriteria fisik ( kecantikan ), dan gelar hajjah.

Dampak positif bagi masyarakat Bugis dengan adanya uang panai adalah meningkatkan etos kerja, karena dengan tuntutan biaya pernikahan yang cukup tinggi, maka masyarakat bugis dikenal memiliki etos kerja yang tinggi demi memenuhi kebutuhannya.

Dibawah ini bocoran besaran jumlah uang panai dalam masyarakat bugis :

Tidak tamat Sd +-Rp. 10 Juta
Tamat SD        +-Rp. 30 Juta
Tamat SMP      +-Rp. 40 Juta
Tamat SMA      +-Rp. 50 Juta
Tamat S1         +-Rp. 65 Juta
S1+Cantik        +-Rp. 75 Juta
S2                   +-Rp. 95 Juta
S2+cantik         +-Rp. 120Juta 

Itulah gambaran dari uang panai suku bugis makassar, jika anda tertarik dengan gadis bugis, maka harus persiapkan kantong yang tebal dulu ya, hehe...



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search