Amalan Pengantar Khusnul Khatimah

Kematian adalah sesuatu yang pasti namun Rahasia Allah SWT, tidak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan ajal datang menjemputnya, namun yang pasti adalah kematian tidak dapat dimajukan maupun diundur walaupun 1 detik saja.
Amalan Pengantar Khusnul Khatimah
Setiap Orang yang beriman tentunya memiliki cita-cita, akhir dari kehidupannya adalah khusnus khatimah ( akhir yang baik ) kematian yang mendapatkan Rahmat dari Allah SWT, namun perlu diketahui bahwa tidak semua kita bisa meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.

Orang-orang tertentu saja yang akhir hidupnya khusnul khatimah, yaitu orang yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, namun ada beberapa amalan yang dapat mengantarkan kita dalam menggapai kematian yang khusnul khatimah itu.


  • Menunaikan sholat wajib tepat waktu dan tidak pernah meninggalkan sholat wajib.
  • Membiasakan diri untuk membaca Al-Quran setiap hari meskipun hanya satu ayat saja karena ayat-ayat Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang mampu memberikan kesejukan hati dan pikiran serta mempertebal keimanan kita. Selain membacanya, alangkah baiknya jika kita belajar isi kandungan Al-Quran sebagai pedoman hidup di dunia.
  • Menjalankan sholat wajib secara berjamaah di rumah atau di masjid. Menjalankan sholat secara berjamaah dapat melipatgandakan derajat pahala yang akan kita peroleh selain itu sholat berjamaah juga dapat memperkokoh persaudaraan sesama muslim sehingga Allah SWT lebih menyukai hamba-Nya yang menjalankan sholat secara berjamaah daripada sholat sendiri.
  • Menunaikan sholat sunnah tahajjud di malam hari yaitu disepertiga malam. Sholat sunnah tahajjud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rosulullah kepada setiap umatnya karena dengan menjalankan sholat sunnah ini dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT.
  • Selalu berdzikir disetiap waktu dan selalu mengingat Allah SWT kapanpun dan dimanapun juga. Orang yang selalu mengingat Allah SWT tidak akan melakukan hal-hal yang dilarang oleh-Nya dan mereka selalu takut akan murka Allah SWT.


Demikianlah beberapa amalan yang InsyAllah mengantarkan kita menjadi hamba Allah yang bisa meninggal dengan khusnul khatimah, aaamiin ya rabbal alamiiin.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.