Perjalanan Panjang Manusia Menuju Surga atau Neraka

Orang yang beriman adalah orang yang meyakini akan adanya hari berbangkit setelah kematian, ada hari akhirat setelah dunia, ada surga dan neraka, namun dalam perjalanannya semua itu akan dilalui dengan proses yang cukup panjang, sampai kepada hari dimana manusia akan menikmati indahnya surga karena amal shalehnya, sebaliknya juga ada manusia yang akan merasakan azab yang teramat pedih karena amal jeleknya.
Perjalanan Panjang Manusia Menuju Surga Atau Neraka

Semenjak manusia diciptakan hingga hari kiamat maka akan mengalami beberapa tahapan untuk menuju alam yang kekal abadi selama-lamanya, surga ataupun neraka. Tahapan itu adalah sebagai berikut :

1. Dunia adalah tempat yang penuh dengan warna-warni kehidupan disinilah manusia memulai kehidupan baru setelah dilahirkan, tempat untuk mengumpulkan amalan yang baik atau jelek sebagai bekal menuju kampung akhirat.

2. Alam kubur adalah awal menuju akhirat sebelum datangnya hari kiamat, di alam kubur ini manusia pertama kali memasuki babak baru dalam mempertanggung jawabkan perbuatannya selama hidup di dunia ini. Manusia akan mendapatkan pertanyaan dari dua malaikat yakni malaikat Munkar dan Nakir tentang Siapa Rabbmu ? siapa Nabimu ? Apa kiblatmu ? serta apa kitabmu ?

Maka dialam kubur kita akan diperlihatkan gambaran Surga ataupun Neraka sabda Rasul : ari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Nabi SAW bersabda, “Apabila seseorang meninggal dunia, akan diperlihatkan tempat duduknya pada pagi dan petang hari. Apabila ia termasuk ahli surga maka diperlihatkan surga. Dan jika ia termasuk ahli neraka maka diperlihatkan neraka”. Nabi SAW bersabda : Kemudian dikatakan kepadanya, “Ini adalah tempatmu yang kamu akan dibangkitkan padanya besok pada hari qiyamat”. (HR. Muslim juz 4, hal. 2199)


3. Hari Berbangkit : Setelah datangnya kiamat semua manusia dari Nabi Adam sampai kepada yang terakhir dilahirkan kedunia ini akan dibangkitkan dari kubur.

4. Hari dikumpulkan : Suatu hari di mana semua manusia dikumpulkan disatu tempat yang bernama padang mahsyar.

5. Syafaat : di hari ini semua orang saling mengharapkan syafaat ( perlindungan )

6. Hari Perhitungan : Pada hari ini semua amalan manusia akan dihisab ( dihitung ) dan akan dipertanggung jawabkan. Firman Allah "Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka." [QS. Al-Ghashiyah ayat 25-26]

Kemudian 'Aisyah radhiyallahu 'anha bertanya kepada Rasul tentang apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Allah memperlihatkan kitab (hamba)-Nya kemudian Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, niscaya ia akan binasa."([Diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi)

7. Catatan Amal : Semua amalan baik dan buruknya, maka kita akan diperlihatkan dalam bentuk catatan amalan/perbuatan ketika hidup didunia ini.

8. Jembatan Shirat : Jembatan yang membentang di atas neraka yang akan mengantarkan kita menuju surga.

9. Neraka : Tempat paling mengerikan yang memiliki siksa dan panas api mencapai 70 kali lipat panasnya api dunia dan memiliki 7 pintu.
Sungguh aku telah melihat api neraka itu saling melahap satu sama lain, dan ketika kalian memergoki aku maka akupun mundur” (HR: Muslim)

10. Surga : Tempat kenikmatan yang tinggi dan kekal selama-lamanya bagi kaum muslimin yang memiliki 8 pintu.  Firman Allah : 
Dan Muhammad sungguh telah pernah melihatnya (malaikat Jibril) di kesempatan lainnya yaitu tatkala berada di sidratul muntaha, yang di sisinya terdapat surga yang akan ditinggali” (QS: An Najm: 13-15)

Demikian Informasi " Perjalanan Panjang Manusia Menuju Surga Atau Neraka " semoga menambah keimanan kita.
Advertisement

1 comments:

avatar

Nama saya Robert Pope, lahir pada tanggal 4 Maret 1967 di Australia Selatan. Kakek dan ayah saya menjadi pelopor penemuan hal baru yang digunakan dalam berbagai industri, serta dalam kegiatan kemanusiaan dan pertanian di padang pasir bersama komunitas Aborigin Australia. Saya selalu merasa menjadi orang yang tidak suka dibatasi oleh rutinitas, tetapi lebih menjadi orang yang inovatif, perintis dan suka mengeksplorasi hal-hal baru di cakrawala ini. Mungkin itu juga yang menyebabkan saya akhirnya menjadi satu-satunya “bule” di DOME Muhammadiyah Malang! Mungkin juga.... https://www.itsme.id/category/its-my-life/

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!