Lakukan Amalan Ini, Agar Dapat Pahala Saat Bangun Tidur

Islam itu indah, Ibadah tidak hanya seputar Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji saja, akan tetapi Ibadah dalam Islam itu sangatlah luas, setiap gerak-gerik, langkah kaki, ucapan, sikap dan perbuatan kita semuanya bisa menjadi Ibadah.
Lakukan Amalan Ini, Agar Dapat Pahala Saat Bangun Tidur
Baca Juga Ya :

Bahkan saat kita tidur dan bangun tidur juga ada ibadah didalamnya, salah satu amalan yang bisa bernilai Ibadah adalah saat kita bangun tidur, maka ada beberapa amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah saat bangun tidur agar menjadi Ibadah dan di nilai sebagai Pahala disisi Allah SWT, amalan itu adalah sebagai berikut :

1. Mengusap bekas tidur yang ada diwajah maupun tangan. Menurut Imam an-Nawawi dan Ibnu Hajar, hal ini di anjurkan berdasarkan sabda Rasul : " Rasulullah saw, bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya " ( HR. Muslim )

2. Membaca Doa Sebagai Berikut : 

Artinya : Segala Puji bagi Allah, Zat yang telah menghidupkan kami setelah kematian kami dan hanya kepada-Nya kami kembali.

3. Bersiwak / menyikat gigi
Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa apabila bangun malam, Rasulullah selalu membersihkan mulutnya dengan bersiwak.

4. Beristinsar ( menyemburkan air dari hidung sesudah menghirupnya ). Sebagaimana sabda Rasulullah saw, " Apabila seseorang diantara kalian bangun tidur, maka beristinsarlah tiga kali, karena sesungguhnya setan bermalam dibatang hidungnya ." ( HR. Bukhari dan Muslim )


Itulah empat amalan yang mendatangkan pahala saat bangun tidur, semoga menjadi ibadah bagi kita dalam setiap gerak-gerik kehidupan ini. 

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.