Tiga Tipe Guru Ideal Di Mata Siswa Saat Ini

- 01.11
Belakangan sangat banyak kasus tentang guru yang dilaporkan kepada polisi gara-gara menghukum siswanya. Saat ini siswa seakan-akan nggak lagi menghormati gurunya. Pergeseran media belajar yang beralih ke internet bikin siswa kurang berinteraksi dengan guru. Lantas sebenarnya bagaimana sih guru yang ideal dimata siswa.
Tiga Tipe Guru Ideal Di Mata Siswa Saat Ini

Dilansir dari halaman koran Padang Ekspres, ternyata ada tiga tipe guru yang sangat diharapkan oleh siswa, sehingga mereka nyaman dikelas, betah belajar dan cepat memahami pembelajaran yang guru berikan. Tiga tipe itu adalah :

1. Mengenali Siswa dan memahami kemampuannya

Barangkali tentang usia guru yang mengajar di kelas, hal itu tidaklah menjadi hal yang terlalu dipertimbangkan oleh siswa, tetapi guru yang mau mempelajari budaya dan pergaulan siswanya dianggap paling ideal untuk mengajar. " Guru yang ideal harus bisa memahami karakter satu persatu muridnya.

Guru seharusnya tidak menyamakan kemampuan siswanya, karena setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda, misalnya Si A udah paham dan bisa, tapi si B belum, maka kalau dipaksakan, tentunya akan semakin ketinggalan si B dalam memahami pelajaran. Sebaiknya hal itu nggak terjadi, selain itu guru juga harus mempunyai karakter yang baik karena secara tidak langsung siswa pasti mencontoh tingkah polah gurunya, sehingga wajar saja ada istilah " Guru kencing berdiri murid kencing berlari " suatu pribahasa yang menggambarkan betapa guru itu menjadi contoh dan tauladan bagi siswanya. " Tegas tapi sopan adalah contoh kepribadian guru yang pantas jadi panutan siswa.

2. Mengajarnya Fun Agar siswa cepat paham

Guru yang punya metode pengajaran yang fun, gak bikin ngantuk dan menyenangkan juga merupakan guru ideal mengajar dikelas, karena dengan begitu bikin pelajaran cepat masuk ke otak siswa dan selalu teringat terus. Selain itu guru juga mendukung setiap bakat muridnya, kalau memang muridnya berbakat dalam suatu mata pelajaran, ya didukung oleh gurunya, bukan dituntut menguasai penuh pelajaran lain.

3. Disiplin dan dekat dengan siswa

Menurut siswa guru idaman itu adalah guru yang masuk tepat waktu dan keluar kelas juga sesuai dengan jadwal. Guru yang pandai menyampaikan materi dengan sangat menarik, guru yang bukan hanya memberikan catatan dan tugas terlau banyak sehingga membuat siswa mwnjadi bosan dengan metode pembelajaran yang terlalu serius.

Tak hanya itu, guru idaman itu juga bisa menjadi teman disaat diluar jam pelajaran sekolah. Intinya guru yang atraktif, humoris, energik, berwibawa dan bisa dijadikan teman curhat bagi siswanya, maka guru ini akan menjadi ideal dan idaman di mata siswanya.

Itulah Tiga Tipe Guru Ideal Di Mata Siswa Saat Ini, semoga artikel ini memberikan manfaat.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search