Cara Menjadikan Anak Gemar Membaca

Membaca adalah jendela ilmu, kebiasaan membaca akan membuat seseorang menjadi tau, memiliki wawasan dan ilmu, dengan membaca anak akan menjadi pintar, namun tidak mudah menjadikan anak yang gemar mebaca, karena berbagai pengaruh dilingkungannya membuat kegiatan membaca bukan sesuatu yang disenangi oleh anak.
Cara Menjadikan Anak Gemar Membaca

Orang tua mana yang tidak bahagia ketika melihat anak rajin membaca, namun pada kenyataannya kita temukan bahwa membaca buku hanya sebatas pelajaran di sekolah bagi seorang siswa, setelah jam pulang tiba mereka kemas buku pelajaran, lalu dibuka kembali pada keesokan harinya saat jam efektif sekolah.

Bagaimana mungkin kita bisa memiliki anak yang cerdas jika membaca saja bukan menjadi hobinya, membaca bukan jadi kegemarannya, nah oleh sebab itu bagaimana kita selaku orang tua dan guru busa membimbing anak kita untuk bisa hobi membaca, sehingga ia merasa membaca adalah sebuah kebutuhan, kalau itu yang tertanam pada diri sang anak maka pastilah : Tiada Hari Tanpa Membaca ".

Dibawah ini adalah 4 Cara membuat Anak Gemar dan Rajin Membaca :

Jangan memaksa anak

Jadikan kegiatan membaca adalah kesenangan. Jadi, jangan paksa anak membaca. Sebagai langkah awal, Anda bisa menyediakan buku-buku anak beraneka gambar sampai dia tertarik membaca dengan sendirinya. beri dia kesempatan berapapun yang dia sanggup sehingga terkesan kita tidak memaksakan agar sang anak rajin membaca.

Berlangganan majalah

Cara lain untuk mendorong anak suka membaca adalah berlangganan majalah anak. Semakin banyak majalah bergambar menarik tersedia di rumah Anda, anak akan tertarik membuka dan membacanya. Majalah yang bertemakan hewan dan tumbuhan disertai dengan aneka ragam jenis dan warna dalam gambar menjadikan sang anak betah berlama-lama untuk membuka buku dan membiasakan ia untuk membaca.

Perhatikan minat anak

Ketahui apa yang menarik minat anak-anak Anda. Apakah itu dinosaurus, tokoh kerajaan, atau tanaman, Anda pasti akan menemukan buku-buku menarik yang mengeksplorasi subjek tersebut. setelah kita mengetahui minat anak tentu kita sediakan buku-buku yang ia sukai, dengan demikian jika sudah menjadi minat sang anak tentu membaca akan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi sang anak.

Jangan menghukum dengan membaca

Buat anak Anda menganggap membaca adalah pengalaman positif. Jadi, jangan pernah gunakan membaca sebagai bentuk hukuman. Ini akan membuat anak mengasosiasikannya sebagai kegiatan yang menyebalkan. Sehingga dilain kesempatan disaat ia tidak mendaaptkan hukuman dia akan jauh-jauh dari buku dan menganggap membaca adalah suatu hal yang menakutkan, sehingga semakin membuat sang anak malas membaca.

Demikianlah Postingan saya kali ini tentang : " Cara Menjadikan Anak Gemar Membaca "semoga menambah wawasan bagi kita selaku guru dan orang tua.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.