Inilah Alasan Kenapa Masuk SD Itu Usia 7 Tahun

- 06.53
Kenapa masuk sekolah dasar itu dianjurkan oleh pemerintah kita pada usia 7 tahun, padahal terkadang kita tahu, usia dibawah itu ada juga anak yang mampu dan bisa untuk mengikuti pelajaran dengan baik pada tingkat sekolah dasar, sehingga orang tua saat ini terkadang ngotot ingin memasukkan anaknya kesekolah dasar dibawah usia 7 tahun dengan berbagai alasan.
Inilah Alasan Kenapa Masuk SD Itu Usia 7 Tahun
Pada usia tujuh tahun, seorang anak telah dianggap cukup siap secara fisik dan psikis dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas sampai jam pulang pada siang harinya. Pada usia itu gerakan motorik anak lebih bagus, otot dan sarafnya juga sudah terbentuk dengan baik. Untuk menulis dan memegang alat tulis anak usia ini lebih mampu dibandingkan usia dibawahnya.

Dalam teori perkembangan anak, para ahli menyebutkan bahwa anak pada usia 7 tahun sudah mulai bisa berkonsentrasi dengan baik, semakin bertambahnya umur sang anak, maka akan semakin meningkatnya kemampuan konsentrasinya. Selain daripada itu anak juga sudah bisa memilih-milih materi mana yang harus diperhatikan maupun yang musti diabaikan.

Jarak waktu konsentrasi anak untuk usia sekolah biasanya bertahan selama kira-kira 30-45 menit, hal ini dapat kita perhatikan dari konsentrasi sang anak yang cukup tinggi pada saat ia melakukan kegitannya.

Karena pada dasarnya nak usia 7 tahun sudah memiliki rasa ingin mengetahui dan rasa bersaing terhadap teman sekelasnya dalam menggapai suatu prestasi. Anak yang terlalu cepat masuk SD akan bermasalah karena akan terjadi kurangnya konsentarsi pada anak, karena anak dibawah 7 tahun masih mengembangkan gerak dan keterampilannya.

Dengan mengetahui perkembangan anak kita, maka bijaklah kita sebagai orang tua, meskipun pemerintah menganjurkan usia 7 tahun jika kita merasa anak kita perkembangan sama dengan anak usia 7 tahun tidak mengapa itu dilakukan, namun hal in betul-betul menjadi pertimbangan orang tua, jika kita merasa belum layak dan pantas dikhawatirkan akan mengalami hambatan belajar di sekolah dasar nantinya, tidak ada salahnya jika kita bersabar menunggu tahun depan agar anak kita betul-betul siap menghadapi bangku sekolah dasar. 


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search