Mitos Tangisan Gadis Di Air Terjun Tegan Kiri, Jambi

Kabupaten Bungo Jambi, banyak memiliki objek wisata yang layak untuk anda kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Tegan Kiri, ketinggian dari air terjun ini adalah sekitar 10 meter, Keindahan Panorama sekitar menambah kenikmatan pandangan mata para pengunjung air terjun yang satu ini.
Mitos Tangisan Gadis Di Air Terjun Tegan Kiri, Jambi

Air Terjun Tegan Kiri terletak di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Jambi. Bahkan Air terjun ini sampai sekarang menjadi sumber mata air bagi penduduk rantau pandan.

Sejarah Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri ini awalnya ditemukan oleh Orang suku Kubu atau Suku Anak Dalam (SAD), kemudian mereka memberitakannya kepada penduduk dusun rantau pandan. Keturunan dari mereka yang menemukan air terjun ini lah yang sampai saat ini mengelola dan menjaganya. Mereka terdiri dari 2 (dua) keluarga, yakni keluarga penjaga pintu masuk dan penjaga parkir.

Mitos Air Terjun Tegan Kiri

Suara tangisan yang terdengar di gemerciknya air terjun seperti tangisan seorang wanita muda (gadis), biasanya akan terdengar di saat hujan turun disertai panasnya matahari. Kendati masyarakat sekitar sering mendengar suara gadis menangis, tetapi tidak pernah diganggu oleh apapun termasuk dari sumber suara tersebut.

Kenapa terdengar suara tangis ?  

Masyarakat setempat mengatakan dulunya di lokasi air terjun tersebut  pernah tumbuh bunga bangkai. Nah,  ada dua orang anak gadis meninggal saat memegang bunga bangkai, oleh karena itu makanya setelah kejadian itu di sekitaran air terjun sering terdengar suara gadis menangis. Makanya setelah kejadian itu kawasan Air Terjun Tegan Kiri ini sering terdengar suara tangisan. Sehingga masyarakat sekitarnya berkesimpulan suara tangisan pada air terjun ini adalah suara tangisan arwah gadis tersebut.
Mitos Tangisan Gadis Di Air Terjun Tegan Kiri, Jambi
Aliran sungai yang berasal dari Air terjun Tegan Kiri

Demikianlah Informasi tentang Air Terjun Tegan Kiri, Air Terjun Menangis dijambi ini, semoga Menambah wawasan wisata bagi kita. Jika anda Mau berkunjung kesini jarak tempuh dari pusat kota kabupaten " Muaro Bungo " Jambi sekitar 31 Km.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form